visitaaponce.com

Inspirasi Natalia Tjahja dan Dwiki Dharmawan di Balik Anthem Asian Para Games 2022

Inspirasi Natalia Tjahja dan Dwiki Dharmawan di Balik Anthem Asian Para Games 2022
Natalia Tjahja bersama President Asian Paralympic Committee Majid Rashed(MI/HO)

NATALIA Tjahja, Pendiri Yayasan Maria Monique Last Wish, mengungkapkan inspirasi di balik penciptaan lagu Anthem untuk Komite Paralimpiade Asia (APC) yang pertama kali dibawakan pada upacara pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou. 

Dalam sebuah wawancara kepada media di Hangzhou, Natalia menjelaskan inspirasinya datang dari keinginan untuk meninggalkan sebuah warisan di dunia Paralimpiade Asia.

"Saya ingin membuat legacy untuk Asian Paralympic sesuai kehendak Tuhan, tanpa dibayar, bahkan royalty-nya pun saya berikan kepada APC," ujar Natalia.

Baca juga: Saptoyogo Raih Medali Emas Asian Para Games Meski Bertanding dengan Rasa Sakit

Lagu ini bukanlah pencapaian biasa. Natalia mengungkapkan ia tidak pernah menyangka lagu yang ia ciptakan bersama musisi Indonesia terkemuka, Dwiki Dharmawan, itu akan terpilih sebagai lagu yang akan diputar saat bendera APC diangkat pada setiap upacara pembukaan Asian Para Games, mulai dari edisi keempat ini.

Pada pembukaan Asian Para Games 2022 Hangzhou, hanya ada empat lagu yang diputar, termasuk lagu nasional Tiongkok, lagu yang mengiringi defile atlet Asia, lagu tema Asian Para Games 2022, dan anthem APC yang Natalia ciptakan.

Natalia dengan bangga menceritakan momen penuh makna ketika lagu ini pertama kali diperdengarkan. 

Baca juga: Meski Raih Perak, Suparni Mengaku Pertajam Rekor Pribadi

"Saya menyaksikan dengan mata saya sendiri bagaimana lagu ini di-launching. Diiringi para juara dunia Tiongkok yang membawa bendera Asian Paralympic Committee, lagu ini menjadi pengiring saat bendera tersebut dikibarkan setinggi bendera negara Tiongkok, dan menjadi lagu resmi untuk membuka Asian Para Games Hangzhou," ungkap Natalia.

Natalia, yang sebelumnya menciptakan lagu anthem The Greatest Love of APSF untuk ASEAN Para Games 2023 di Kamboja, berharap Anthem APC ini akan membantu memelihara nilai persatuan dan kedamaian antara negara-negara Asia, tidak hanya bagi generasi saat ini, tetapi juga bagi generasi yang akan datang.

"Dalam hal ini, saya berharap agar para atlet merasakan kebahagiaan dan rasa persaudaraan yang tinggi di Asian Para Games ini," tambah Natalia.

Presiden APC, Majid Rashed, juga sangat gembira dengan kehadiran lagu baru ini. 

Dia menyatakan, "Asian Para Games merupakan ajang olahraga Paralimpiade terbesar di dunia setelah Paralimpiade dan sudah sepatutnya memiliki lagu tersendiri. Rasanya selalu emosional saat bendera Paralimpiade Asia dikibarkan, dan pada pembukaan Asian Games 2022 Hangzhou, akan lebih emosional lagi saat lagu baru kami dikumandangkan."

Lagu Anthem APC yang diciptakan Natalia Tjahja dan dikerjakan bersama Dwiki Dharmawan akan menjadi simbol persatuan dan semangat yang tinggi dalam Asian Para Games, serta mewakili keberanian dan dedikasi para atlet Paralimpiade Asia. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat