visitaaponce.com

United E-Motor dan IBC Kembangkan Battery Asset Management Service

United E-Motor dan IBC Kembangkan 'Battery Asset Management Service'
Penandatanganan MoU kerja sama tujuh perusahaan untuk pengembangan ekosistem industri kendaraan bermotor berbasis baterai di Jakarta.(Ist)

DALAM  menumbuhkan ekosistem kendaraan elektrik terintegrasi, debut PT Terang Dunia Internusa (TDI) kian moncer.

Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan kerja sama pengembangan baterai motor listrik dengan Indonesia Battery Corporation (IBC).

Kerja sama tersebut sebagai komitmen untuk pengembangan Battery Asset Management Service (BAMS).

Baca juga: Perusahaan Motor Listrik Diminta Jemput Bola untuk Salurkan Insentif

Nantinya, BAMS akan menjadi sebuah platform yang dapat mengakomodasi pengguna motor listrik berbagai merek, termasuk konversi.

Platform BAMS akan terdiri dari penyediaan baterai, swap station, dan aplikasi IOT yang dapat terintegrasi.

BAMS Bantu Pertumbuhan Kendaraan Listrik di Indonesia  

Hadirnya BAMS akan membantu mempercepat pertumbuhan kendaraan listrik di Tanah Air yang selama ini masih terkendala akibat perbedaan ekosistem motor listrik. Ditargetkan, melalui BAMS, Indonesia dapat memproduksi 21 ribu battery pack.

”Nantinya ini dapat digunakan oleh berbagai merek motor listrik termasuk United E-Motor,” kata Direktur PT TDI Henry Mulyadi dalam keterangan pers, Senin (19/6).

Baca juga: Isi Baterai United E-Motor MX-1200 Cukup dengan Daya 900 VA

Sementara itu, Direktur Utama IBC Toto Nugroho mengungkapkan, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah serta institusi terkait dalam menghadapi tantangan besar terkait pengembangan ekosistem kendaraan listrik, yaitu infrastruktur untuk menjadi lebih terintegrasi.

”Hal ini mengindikasikan kesulitan bagaimana kita mengembangkan infrastruktur untuk charging dan swapping ke depan. Diketahui bahwa baterai dari motor listrik itu 40 persen biayanya ada di situ," jelas Toto 

Baca juga: Program Konversi Motor BBM ke Listrik Dipercepat, Ini Alasannya

"Jadi kalau kita bisa melakukan kavling terhadap baterai motor listrik, itu tentunya akan mengurangi biaya konsumen,” ujar Toto yang juga disampaikan dalam sambutannya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (12/6) lalu (12/6).

Henry menambahkan, sejalan dengan inisiasi yang telah disepakati, PT TDI siap mendukung program integrasi tersebut.

Baca juga: Sinergi BUMN Luncurkan Website Molis Plus Fitur Kalkulator Penghematan Biaya

”Langkah ini merupakan komitmen jangka panjang dari PT Terang Dunia Internusa untuk mendukung penuh program pemerintah," katanya.

"Kami mendukung kebijakan memajukan industri dan masyarakat Indonesia. Bersaing secara global dan membuat langit Indonesia lebih biru,” ujar Henry, optimistis. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat