visitaaponce.com

Adu Program dan Gagasan di Debat Pilkada Tanah Bumbu 2020

Adu Program dan Gagasan di Debat Pilkada Tanah Bumbu 2020
Suasan Debat Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu, Kaltim.(MI/Denny S)

ADU program dan gagasan tersaji dalam debat Pilkada Kabupaten Tanah Bumbu 2020 diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu bekerjasama dengan TVRI Kalimantan Selatan,  Sabtu (14/11) malam.

Tema debat adalah "Menyelesaikan Persoalan Daerah, Peningkatan Kesejahteraan, dan Pelayanan Masyarakat". Pada debat yang banyak mendapat perhatian publik ini  ketiga pasangan calon peserta Pilkada Tanah Bumbu 2020, menyampaikan visi misinya di depan panelis. Berurutan diawali paslon 01, Syafruddin H Maming-Alpiya Rahman (SHM-MAR), kemudian paslon 02 Mila Karmila-Zainal Arifin (MK-ZA) dan paslon 03 Zairullah Azhar-Muhammad Rusli (ZR).

Paslon 01 menyampaikan program yang disebut Tri Dharma Pembangunan. Paslon 02 juga serupa tetapi lebih menitikberatkan pada persoalan penyelesaian masalah hukum masyarakat adat. Sedangkan paslon 03 menyampaikan berbagai program unggulan dan pro rakyat.

Zairullah tampil meyakinkan. Bupati Tanah Bumbu periode 2003-2010 yang maju di Pilkada Tanah Bumbu dengan dukungan sembilan partai politik termasuk Nasdem tersebut menyampaikan gagasan dan lima program pembangunan unggulan pro rakyat.

Para paslon juga menyinggung posisi strategis Tanah Bumbu terkait pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur. Paslon  03, Zairullah Azhar misalnya mengatakan daerah yang paling pantas menjadi penyangga IKN adalah Kabupaten Tanah Bumbu.Untuk itu, jika dia terpilih dirinya akan menyiapkan infrastruktur dan fasilitas penunjang keberadaan IKN.

Sementara para relawan dan pendukung paslon 03 ZR menggelar nonton bareng di auditorium Posko Induk Pemenangan ZR yang dihadiri ratusan simpatisan dan masyarakat Tanah Bumbu.

Panglima Dozer (Tim Relawan 03), Rully Rozano, mengatakan selain relawan, nobar turut dihadiri masyarakat umum. "Para relawan dan masyarakat antusias melihat debat Pilkada Tanah Bumbu ini. Ini bukti masyarakat sangat ingin tahu kemampuan dan kapabilitas jagoannya memaparkan visi misi," kata Rully, Minggu (15/11).

Melihat penampilan  paslon ZR dalam debat, Rully yakin pasangan semakin dicintai masyarakat. Karena penampilannya yang meyakinkan, santai, dan suportif tidak menyerang lawan, sehingga mendapatkan simpati. Ini merupakan sinyal kemenangan bagi ZR.

Ketua Tim Dozer, Ghimoyo, dan Ketua Relawan ZR, Pakle Paijan juga hadir dalam nobar tersebut. "Sejak awal relawan ZR solid memberikan dukungan dan siap mengawal dan mengamankan kemenangan Zairullah-Rusli," kata Pakle Paijan. (OL-13)

Baca Juga: Paslon HEBAT Dinilai Lebih Tenang dalam Debat Kedua

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat