visitaaponce.com

Ditjen PAS Tegaskan Kabar Pungli Alas Tidur di Lapas Cipinang Hoaks

Ditjen PAS Tegaskan Kabar Pungli Alas Tidur di Lapas Cipinang Hoaks
Petugas memeriksa barang bawaan keluarga yang akan diberikan kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang di Jakarta.(ANTARA/Aditya Pradana Putra)

BEREDAR kabar tentang adanya pungutan liar (pungli) untuk narapidana yang membutuhkan alas tidur di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I Cipinang, Jakarta Timur. Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menegaskan kabar itu tidak benar.

"Sudah dikonfirmasi ke Kalapas Cipinang dan penjelasan dari Kalapas mengatakan bahwa apa yang diberitakan tersebut tidak benar," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti melalui keterangan tertulis, Minggu (6/2).

Rika mengatakan pihaknya langsung mendalami informasi pungli itu setelah beredar di kalangan masyarakat. Namun, setelah didalami pihaknya tidak menemukan adanya pungli alas tidur tersebut.

Baca juga: Kalapas Bantah Dugaan Jual Beli Kamar Tahanan di Lapas Cipinang

Meski begitu, Ditjenpas tidak langsung percaya. Rika mengatakan pihaknya akan meningkatkan pemantauan untuk mendalami dugaan tersebut.

"Pengawasan dan evaluasi selalu dilakukan termasuk tentang layanan terhadap warga binaan. Untuk di tingkat wilayah pembinaan, monitoring dan evaluasi semua pelaksanaan tata laksana Pemasyarakatan dilakukan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan," ujar Rika. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat