visitaaponce.com

2.864 Tahanan Narkotika di Lapas Cipinang Ikut Nyoblos Pilpres 2024

2.864 Tahanan Narkotika di Lapas Cipinang Ikut Nyoblos Pilpres 2024
Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Aly Lilipaly(Medcom/Yona)

SEBANYAK 2.864 tahanan narkotika di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur menggunakan hak pilih mereka dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Kalau untuk daftar pemilih tetap (DPT)-nya itu ada 1.905 orang kemudian DPTB-nya ada sebanyak 840 orang. Jadi, total secara keseluruhan untuk yang memilih nanti sekitar 2.864 orang," kata Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Cipinang Fonika Afandi di lokasi, Rabu (14/2).

Fonika mengatakan ribuan tahanan narkotika itu mencoblos di 11 TPS yang disediakan di halaman lapas. Sebelum mencoblos, para tahanan telah diberikan sosialisasi dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca juga : Pengacara Alvin Lim Bebas Murni Setelah Dapat Remisi Natal

"Teman-teman panwas, Teman-Teman KPU mereka punya jadwal ke sini untuk memberikan sosialisasi secara terbuka dan menyeluruh kepada seluruh warga binaan," ungkap Fonika.

Dia memastikan tidak ada kendala dalam pencoblosan hari ini meski hujan. Aparat keamanan baik Polri, TNI, dan penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu tergabung membantu agar pencoblosan terlaksana secara jujur dan adil. Total ada 119 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dikerahkan pada 11 TPS lapas narkotika Cipinang ini.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Nicolas Aly Lilipaly menambahkan ada dua personel menjaga masing-masing TPS yang disediakan di lapas khusus narkotika Cipinang ini. Ditambah, pasukan TNI dan petugas pengamanan lapas.

Baca juga : Soal Ganja Medis, Anies: Bisa Digunakan untuk Menyelamatkan Pasien

"Alhamdulillah puji tuhan sampai saat ini berjalan aman, lancar dan tertib dan harapan kami pelaksanaan sampai dengan waktunya jam 1 nanti tetap lancar dan sampai pada saat rekapitulasi hasil pemungutan suara," ungkap Kapolres.

Salah satu warga binaan, Stefanus mengucapkan terima kasih atas fasilitas pencoblosan dari lapas ini. Dia mengaku antusias karena tak ingin golput pada Pemilu 2024.

"Saya ingin memberikan hak suara saya untuk Indonesia lebih maju lagi," ujarnya.

Baca juga : Kepala BNN: Tahanan di 18 Provinsi Lebih dari 50 Persen Kasus Narkotika

Stefanus mengatakan hari ini merupakan kali pertamanya mencoblos di dalam lapas. Namun, dia ingin tetap memberikan hak suaranya meski berada di lapas.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah dan terlebih khusus untuk Kalapas di tempat ini yang memfasilitasi kami dalam kami memberikan hak suara kami," ucapnya. (Z-3)

Baca juga : Tahanan Mulai Menggunakan Hak Suara di TPS Rutan KPK

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat