visitaaponce.com

Tahanan Mulai Menggunakan Hak Suara di TPS Rutan KPK

Tahanan Mulai Menggunakan Hak Suara di TPS Rutan KPK
Tahanan memulai pencoblosan di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).(Medcom/Candra)

TAHANAN memulai pencoblosan di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasarkan pantauan, tahanan KPK dibawa ke Gedung Merah Putih menggunakan tiga bus. Mereka diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk ke TPS Rutan Lembaga Antirasuah.

TPS untuk para tahanan terdaftar dengan nomor 901. Terlihat para tahanan dicek identitasnya oleh petugas sebelum diberikan surat suara.

Baca juga : 75 Tahanan KPK Gunakan Hak Suara di Rutan Hari Ini

Setelah mendapatkan surat suara, mereka diarahkan ke bilik. Di sana, para tahanan mencoblos calon yang diinginkan.

Setelahnya, petugas TPS mengarahkan para tahanan untuk menyelupkan jari ke dalam wadah tinta. Proses pemungutan suara masih berlangsung hingga kini.

Saat melakukan pencoblosan hingga keluar dari bilik suara, tahanan KPK Kristian Wulsan memberikan salam dua jari.

Baca juga : TPS Rutan KPK Dijaga Ketat Polisi

Kristian tidak memberikan komentar atas salam dua jari itu. Namun, dia sempat memperlihatkan surat suara yang sudah dicoblos usai keluar dari bilik.

Sebanyak 75 tahanan KPK bakal memberikan suaranya dalam pemilihan umum (pemilu) hari ini, 14 Februari 2024. Lembaga Antirasuah mendirikan TPS untuk para pihak berperkara.

“Fasilitas pencoblosan dalam pemilu ini sebagai bentuk komitmen KPK dalam menjamin hak-hak dasar bagi para tahanan KPK,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 Februari 2024.

Baca juga : 100 Tahanan Nyoblos di TPS Rutan Bareskrim Polri

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu menjelaskan sebanyak 67 orang pihak berperkara yang akan mencoblos hari ini merupakan penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Merah Putih, dan Gedung C1. Sementara itu, delapan sisanya merupakan penghuni Rutan Puspomal, Jakarta Utara.

Tahanan KPK yang menghuni Rutan Puspomal akan mencoblos di TPS sekitaran lokasi tersebut. Sementara itu, dua rutan sisanya akan mencoblos di Gedung Merah Putih KPK. (Z-3)

Baca juga : Tahanan KPK Bakal Nyoblos Dimana sih?

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat