visitaaponce.com

Empat Provinsi Papua Diminta Pakai Anggaran Percepatan Pembangunan

Empat Provinsi Papua Diminta Pakai Anggaran Percepatan Pembangunan
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo(ANTARA/ADITYA PRADANA)

WAKIL Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mendorong empat provinsi baru di Papua menggunakan alokasi anggaran yang diberikan untuk mempercepat pembangunan.

“Karena tujuan kita untuk dalam masa transisi penyelenggaraan pemerintahan ini kan adalah untuk pembangunan praspem (prasarana pemerintahan),” ujar Wempi dalam keterangan tertulis mengenai kunjungannya ke Papua, Senin (27/3/2023).

Kemendagri, kata Wempi, pada prinsipnya telah menyetujui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di keempat daerah otonomi baru (DOB) digunakan untuk pelaksanaan pembangunan di tiap provinsi, baik Papua Pegunungan, Papua Selatan, Papua Tengah, maupun Papua Barat Daya.

Lebih lanjut, Wempi menjelaskan, selain membangun prasarana pemerintahan, empat DOB di Papua turut bertanggung jawab mengawal proses penyelenggaraan Pemilu serentak 2024, baik pada 14 Februari maupun pilkada yang jatuh pada 27 November 2024. Keempat DOB tersebut menjadi daerah yang turut menggelar Pemilu 2024. “Nah ini akan menjadi tugas dan tanggung jawab pj (penjabat),” imbuhnya.

Wempi berharap, kehadiran dirinya dapat mendukung pemerintah setempat dalam mengawal pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Dengan demikian, pemilu di daerah tersebut dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Di lain sisi, Wempi menambahkan, Kemendagri terus memastikan pelayanan publik di wilayah Tanah Papua tetap berjalan. Dia menegaskan, konflik bukanlah alasan untuk mengabaikan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Sehingga kita ingin memastikan para pj yang kita dorong ini berada di tempat, mengakomodasi tapi juga mengawal proses penyelenggaraan pemerintahan di masa transisi sampai dengan pemilu bupati definitif di DOB masing-masing,” tandasnya. (P-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat