visitaaponce.com

Pakar Pesimistis Dody Prawiranegara Jadi Justice Collaborator

PAKAR Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel pesimis Dody Prawiranegara bisa menjadi justice collaborator dalam kasus narkoba yang menjeratnya.

Menurut Reza,kesaksian Dody Prawiranegara di persidangan tidak konsisten dan dinilai gagal meyakinkan majelis hakim. 

Sebelumnya, ayah Dody Prawiranegara, Maman Supratman menulis surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo hingga Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat agar putranya menjadi justice collaborator.

Baca juga: Kuasa Hukum Sudah Prediksi Teddy Minahasa Dihukum Berat

Surat terbuka itu disampaikah sang ayah, Maman Supratman dalam video pendek yang diunggah pada akun tiktok Adriel Viari Purba selaku pengacara AKBP Dody Prawiranegara.

Kesaksian Dody Prawiranegara Tidak Konsisten

Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri menilai bahwa permohonan tersebut rasanya berat dikabulkan jika melihat proses persidangan. Menurutnya, kesaksian Dody Prawiranegara dalam kasus narkoba Teddy Minahasa ini tidak konsisten hingga dinilai tidak bisa meyakinkan majelis hakim.     

"Sebetulnya saya prihatin dengan nasib DP (Dody Prawiranegara). Tapi keprihatinan saya itu sepertinya tidak akan 'diamini' majelis hakim. Karena, DP sendiri tidak konsisten dalam usahanya meyakinkan majelis hakim bahwa ia takut pada TM (Teddy Minahasa)," ungkap Reza Indragiri dalam keterangan pers, Kamis (30/3). 

Kesaksian Dody Prawiranegara Meragukan

Reza menilai dalam beberapa hal kesaksian Dody Prawiranegara bisa dibilang meragukan karena tidak konsisten.

Reza memberikan contoh terkait pernyataan Dody Prawiranegara yang terpaksa melanggar hukum karena tekanan atasan, namun bukti-bukti yang dihadirkan tidak memperlihatkan hal tersebut.

Baca juga: Kuasa Hukum Dody dan Linda Kecewa dengan Tuntutan Jaksa

"Misalnya, jika WA TM dianggap sebagai perintah, saat DP menolak perintah TM, ternyata tidak ada konsekuensi buruk yang ia alami. DP juga eksplisit menyebut takut, tapi chat mereka santai-santai saja," beber Reza.  

"Tidak seformal, apalagi semenegangkan yang kesannya coba DP bangun. Ini sekaligus memperjelas bahwa chat mereka berdua bukan perintah apalagi perintah yang mutlak harus dipatuhi. Juga, DP katakan berani menghadapi Kapolda-Kapolda lain," sambungnya. 

LPSK Menolak Permohonan Dody Prawiranegara

Reza memaparkan, alasan selanjutnya yang menjadikan Dody Prawiranegara bakal sulit mendapatkan status justice collaborator adalah keterlibatan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). 

Baca juga: Kasus Narkoba Irjen Teddy, AKBP Dody Dituntut 20 Tahun Penjara Denda Rp20 Miliar

"Yang paling utama: LPSK menolak permohonan DP. Saya berasumsi LPSK tidak punya sentimen personal yang membuat mereka subjektif dalam menilai DP," ungkap Reza. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat