visitaaponce.com

Di Tengah Kisruh Pemberhentian Brigjen Endar, Firli Pamer Foto Jabat Tangan dengan Kapolri

Di Tengah Kisruh Pemberhentian Brigjen Endar, Firli Pamer Foto Jabat Tangan dengan Kapolri
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri) berfoto bersama dengan Kapolri Jenderal Listro Sigit Prabowo(Ist)

POLEMIK pemberhentian dengan hormat Brigjen Endar Priantoro masih menjadi pembicaraan hangat saat ini. Terbaru, jenderal bintang satu itu melaporkan keputusan pengeluarannya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Ombudsman atas tudingan adanya maladministrasi.

Pemberhentian Endar juga sudah dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Lembaga pemantau itu kini tengah mendalami aduan tersebut dengan mengklarifikasi sejumlah pihak.

Namun, di tengah polemik pemberhentian Endar, Ketua KPK Firli Bahuri memamerkan foto bersalaman dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia menyebut Lembaga Antirasuah dan Korps Bhayangkara mempunyai tujuan yang sama dalam memberantas korupsi di Indonesia.

Baca juga: Ditanya Kasus Pelaporan Firli, Karyoto Beri Gestur Diam

"KPK dan Polri bahu membahu bersinergi memberantas korupsi. Polri memberikan bantuan dan andil pada setiap kegiatan KPK," kata Firli melalui keterangan tertulis, Rabu (19/4).

 

Firli menyebut kedua instansi penegak hukum itu berkomitmen memberantas korupsi di Indonesia. Salah satunya dengan mengedukasi dan menyosialisasi masyarakat tentang bahaya tindakan koruptif.

"Kami dan Kapolri beserta seluruh anggota Polri dan Insan KPK memiliki semangat yang sama untuk mewujudkan indonesia bebas dan bersih dari korupsi," ucap Firli.

Baca juga: Pengamat: Pengembalian Brigjen Endar Dipicu Persoalan Conflict of Interest 

Mantan penyidik KPK Yudi Purnomo Harahap mengkritik pertemuan itu. Menurutnya, Ketua Lembaga Antirasuah sedang mencari suara atas polemik yang terjadi saat ini.

"Sowannya Firli Bahuri ke Kapolri di Rumah Dinas Kapolri merupakan bukti bahwa Firli sedang ketakutan akibat ulahnya sendiri. Apalagi yang menyebarkan foto dan isi pertemuan adalah sepihak Firli sendiri suatu hal yang tidak elok dalam suatu pertemuan bersama," ujar Yudi.

 

Firli dinilai semakin tersudut setelah adanya kabar kebocoran dokumen penyelidikan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pertemuannya dengan Listyo dinilai sebagai bentuk pembelaan diri dari semua tuduhan yang ada saat ini.

"Sudah banyak laporan masyarakat ataupun gerakan mahasiswa, termasuk Endar Priantoro kepada Dewas, Polri, dan terakhir ombudsman baik terhadap dirinya, pimpinan KPK lainnya, sekjen KPK, ataupun Kepala Biro SDM KPK," kata Yudi. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat