visitaaponce.com

Koalisi Besar Bertemu Bahas Capres setelah Lebaran

Koalisi Besar Bertemu Bahas Capres setelah Lebaran
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi(DPR RI)

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya akan menggelar pertemuan penjajakan lanjutan untuk membahas format koalisi besar setelah lebaran.

Momentum Idul Fitri dinilai tepat untuk bisa saling bertamu antarpartai politik yang ada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) untuk memastikan format koalisi gabungan tersebut.

“Setelah lebaran ada rencana untuk silahturahmi dari KIB dan KIR tujuannya untuk saling memaafkan dan membahas lebih rinci lagi tentang perencanaan membentuk koalisi kebangsaan (besar). Untuk waktu dan kapannya masih belum tahu dan ini lagi proses memastikan,” ujar Viva saat dihubungi, Rabu (19/4).

Baca juga: PAN Bantah Dukung Prabowo Jadi Capres Koalisi Besar

Pembahasan tentang penentuan pasangan calon juga akan dibahas dalam pertemuan silahturahmi nanti.

“Nanti dibahas di meja perundingan termasuk di lebaran itu. Saya meyakini akan dilakukan secara koletif kolegial, musyawarah untuk mufakat dan tidak voting. Di pertemuan itu juga akan menententukan indikator dan variabel karena itu menjadi pemersatu,” tuturnya.

Baca juga: PDIP Jangan Ngotot

Sedianya, pembahasan calon presiden yang diusung tiap-tiap partai sudah dilakukan secara tidak resmi. Seperti diketahui, PAN yang menyodorkan nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Erick Thohir. Sementara, Golkar yakin dengan ketua umumnya Airlangga Hartarto. Adapun, PKB mengusung Muhaimin Iskandar.

“Untuk pasangan calon belum diputusakan secara resmi. Tapi parpol masing-masing memiliki kepentingan subjektif dan harus berjuang agar kadernya bisa jadi pasangan calon. Hal itu wajar saja. Justru yang menjadi aneh kalau parpol tidak memerjuangkan kadernya. Tapi bisa saja nanti ada nama yang tidak terkenal muncul,” tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat