visitaaponce.com

PAN Peluang Zulhas Nyaleg di Kandang PDIP Masih Terbuka

PAN: Peluang Zulhas Nyaleg di Kandang PDIP Masih Terbuka
Sekjen PAN Eddy Soeparno (tengah).(Antara)

MESKI namanya tidak didaftarkan sebagai bakal calon anggota DPR RI ke KPU RI hari ini, Jumat (12/5), Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan masih berpeluang maju menjadi caleg di daerah pemilihan atau dapil Jawa Tengah I.

Dapil yang meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga, dan Kota Semarang itu sebelumnya secara sejarah memiliki kedekatan dengan PDI Perjuangan.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan masih ada peluang bagi pihaknya untuk melakukan pergantian daftar bacaleg ke KPU RI. "Dan kami tidak pernah menutup pintu bagi Pak Zulhas untuk kemudian turun sebagai caleg," akunya di Kantor KPU RI.

Baca juga : Nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Tidak Ada dalam Daftar Caleg DPR

Eddy sendiri menjelaskan alasan Zulhas batal nyaleg di dapil yang memperebutkan delapan kursi tersebut. Menurutnya, kuota PAN di dapil Jateng I sudah melebihi kuota yang tersedia. Pihaknya pun cukup percaya diri mendapatkan kursi di dapil tersebut.

Sejak pemilu digelar secara langsung pada 2004, PAN baru mendapatkan dua kursi di dapil Jateng I, yakni Alvin Lie (Pemilu 2004) dan Yayuk Basuki (Pemilu 2014). Eddy berpendapat, semangat caleg-caleg PAN lain di dapil Jawa Tengah bakal bangkit jika dicalegkan.

Baca juga : Wamenag Zainut Tauhid Saadi Jadi Anggota Kabinet Keempat yang Nyaleg

"Andai kata tidak ada permasalah atau dinamika politik terkait pilpres, kita akan tetap menurunkan jagoan-jagoan kita, termasuk Pak Zul di Jawa Tengah," tandas Eddy.

Sebelumnya, Zulhas sendiri mengatakan bahwa pencalegan dirinya di dapil Jawa Tengah I masih bersifat tentatif. Jika dinilai tidak diperlukan, Zulhas menyebut tidak akan maju sebagai caleg.

"Kalau sudah cukup kuat, kan, enggak usah turun. Kalau dianggap diperlukan baru turun," pungkas Zulhas. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat