visitaaponce.com

Caleg Banyak Diisi Muka Lama Jadi Strategi Parpol Dulang Suara

Caleg Banyak Diisi Muka Lama Jadi Strategi Parpol Dulang Suara
Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi (kanan) berbincang dengan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (tengah) usai pelantikan(ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

PENDAFTARAN calon legislatif (caleg) oleh partai politik (parpol) sudah memasuki hari terakhir. Dari sekian parpol yang sudah mengajukan caleg, kebanyakan masih didominasi muka-muka lama dan pesohor seperti selebritas atau tokoh publik lainnya.

Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo menyebut pihaknya bersyukur bacaleg dari Perindo masih didominasi muka lama hingga pesohor.

“Saya tegaskan di sini, kami bersyukur bahwa para bacaleg dari Perindo betul-betul seperti yang kita harapkan. Inklusif mewakili semua kelompok masyarakat golongan status bangsa Indonesia,” ujar Hary di Gedung KPU, Jakarta, Minggu (14/5).

Baca juga: Perindo Pantau Perkembangan Koalisi

Hary menuturkan banyaknya dominasi muka lama jadi bacaleg dipilih sebagai strategi agar Perindo bisa meraup keberhasilan kursi mencapai di atas 10 persen. Hary menjamin Perindo bisa mengubah parlemen. Perindo, kata Hary, melihat bahwa Indonesia jika mau berkembang dan maju harus mempercepat pertumbuhan masyarakat.

“Maka yang dibutuhkan ialah menciptakan kelompok baru sehingga mesin ekonomi makin besar otomatis pertumbuhan ekonomi makin tinggi, pendapat perkapita jg makin tinggi,” papar Hary.

Hary menegaskan siapapun anggota dewan dari Perindo di komisi manapun wajib berpegang berdiri dalam kebijakan tersebut.

Baca juga: Riuh Pesohor Muda Nyaleg untuk Proses Regenerasi

Senada, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, mengemukakan partainya memilih calon dengan latar belakang pesohor dan muka lama bukan semata-mata karena popularitas.

Lebih dari itu, AHY menilai bergabungnya pesohor dengan politisi senior akan menjadi kombinasi yang apik.

“Ada politisi senior yang punya pengalaman malang melintang seperti beliau di depan, sudah tiga empat kali paling tidak menjadi DPR RI, tetapi ada yang newcomers, ada yang masih muda. Saya berharap selalu ada proses kaderisasi dan regenerasi,” tuturnya.

Sementara itu, Partai Gelora juga membawa muka lama, yakni Fahri Hamzah yang didaftarkan jadi bacaleg untuk Pemilu 2024. Sekretaris Jenderal Partai Gelora Mahfudz Siddiq, menuturkan pihaknya mendaftarkan mantan Wakil Ketua DPR RI itu sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dapil NTB 1/Pulau Sumbawa.

“Gelora NTB sudah mengusulkan resmi Fahri Hamzah sebagai caleg dapil NTB 1/Dapil Pulau Sumbawa,” terang Mahfudz, Minggu. (15/5/2023). (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat