visitaaponce.com

Bawaslu Usut Deklarasi Relawan Ganjar Pranowo Diduga Libatkan Anak SD

Bawaslu Usut Deklarasi Relawan Ganjar Pranowo Diduga Libatkan Anak SD
Calon Presoden Partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo(Antara)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menegaskan tengah mengusut dugaan pelanggaran deklarasi relawan Ganjar Pranowo yang diduga libatkan anak sekolah dasar (SD) di Lampung.

“Lagi diproses jadi ini apakah termasuk dalam pelanggaran hukum lainnya atau tidak masih dalam proses,” ungkap Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, Minggu (11/6).

Bagja menerangkan dari keterangan saksi, deklarasi Ganjar dilakukan sebelum anak-anak SD tersebut muncul. Bagja menyebut hingga saat ini pihaknya masih menelusuri apakah lokasi deklarasi Ganjar merupakan lingkungan sekolah atau bukan.

Baca juga: Ganjar Pranowo Diharapkan Teruskan Tugas Jokowi

“Tempat (deklarasinya) itu tempat apa? Kalau ini lingkungan sekolah ya gak boleh. Indikasinya ada, terhadap sekolahnya, kalau terbukti. Kita gak bisa sampaikan dulu,” ujar Bagja.

Bagja mengaku sejauh ini dugaan pelanggaran atas pelibatan lingkungan pendidikan untuk kampanye termasuk pada pelanggaran administratif. Artinya, pelanggaran tersebut tak bisa dikaitkan dengan calon presidennya yang diusung.

Baca juga: Novel Bamukmin Siap Dukung Ganjar Pranowo, Ini Syaratnya

“Susah, kalau pelanggaran ya pelanggaran administratif,” tutur Bagja.

Bagja mengaku pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

“Sudah, kami berkoordinasi soal pelibatan anak dalam kegiatan politik. Prinsipnya kami harus mendengar semua pihak. Kami harus lakukan penyelidikan semua pihak yang berkaitan. Kita akan periksa,” ucapnya.

Sebelumnya, deklarasi relawan calon presiden RI Ganjar Pranowo diduga melibatkan anak-anak SD di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung. Dugaan tersebut timbul karena adanya unggahan foto di media sosial yang memperlihatkan adanya siswa SD.

Selain itu acara deklarasi tersebut diduga melibatkan guru di sekolah dasar yang sekolahnya digunakan menggelar deklarasi untuk menjadi panitia. Deklarasi relawan Ganjar Pranowo ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 lalu.

Menanggapi kejadian viral itu Bawaslu Provinsi Lampung menerjunkan tim untuk melakukan investigasi kebenaran foto tersebut. Namun Bawaslu mengaku memiliki kendala dalam mengungkap dugaan pelanggaran yang melibatkan anak-anak. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat