visitaaponce.com

Soal Mandor WNA di IKN, Jokowi Kenapa Tidak

Soal Mandor WNA di IKN, Jokowi: Kenapa Tidak?
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengatakan rencana menunjuk warga negara asing (WNA) dalam mengawasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dibahas bersama jajarannya. Langkah ini diambil agar kualitas pembangunan IKN terjaga. 

"Kalau hanya satu dua (WNA) yang mengarahkan yang bisa mengontrol mengawasi supaya hasilnya bisa kualitas baik kenapa tidak," ujar Presiden Jokowi di Pasar Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Juni 2023. 

Presiden menegaskan pengawas ini berbeda dengan mandor yang bertugas memberikan instruksi pekerjaan. Kebijakan ini juga bukan untuk menggaet investor asing. 

Baca juga: Basuki Sebut Pelibatan TKA di IKN Baru Wacana

"Kita ingin menaikan level kualitas kita. Jangan nanti hasilnya nanti kaya SD inpres," bebernya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi ketua percepatan pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Baca juga: Rizal Ramli Duga ada Kejanggalan Soal Investor IKN

"Sekarang saya ditunjuk menjadi ketua percepatannya. Kami segera meng-identified posisi ini, mulai dari insentif, model bisnis, rencana pembangunan kawasan, hingga status tanah," ujar Luhut, saat Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Jumat, 9 Juni 2023.

Luhut pun menargetkan pada 27 Juli 2023 sudah dapat menyelesaikan hal-hal penting yang menyangkut pembangunan IKN. "27 Juli saya targetkan selesai, harga berapa, kemudian siapa yang mau beli dan siapa yang mau masuk," terang luhut.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat