visitaaponce.com

Pungli Terjadi di Rutan KPK, Mahfud MD Ironis

Pungli Terjadi di Rutan KPK, Mahfud MD: Ironis
Menko Polhukam Mahfud MD.(Antara)

APARAT penegak hukum segera mengambil tindakan terhadap temuan pungutan liar (pungli) di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menilasi kasus pungli di rutan KPK tersebut sangat ironis.

"Pokoknya dimana aja sama ironis, kan bukan hanya di KPK, (termasuk di) pengadilan," ujar Mahfud ditemui di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu, (25/6).

Mahfud menekankan KPK merupakan lembaga independen yang tidak dapat dintervensi. Oleh karenanya, ia menyerahkan sepenuhnya kasus ini kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Baca juga: KPK Usut Potensi Pungli di 3 Rutan Lain

"Kan yang ngumumkan itu (ada pungli di rutan KPK) Dewas kan, kita juga ngga tahu kan, mereka yang ngawasi, baru dilaporkan sekarang," jelasnya.

Dewas KPK mengungkap ada pungutan liar di dalam rutan yang dikelola Lembaga Antirasuah. Puluhan pegawai diyakini terlibat.

Baca juga: KPK Sebut Skandal Pungli Rutan Melibatkan Pihak Luar

"Diduga yang terlibat bahkan puluhan pegawai Rutan KPK," kata anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris melalui keterangan tertulis, Selasa, (20/6).

Syamsuddin enggan memerinci total pastinya. Masyarakat diminta bersabar dan menyerahkan kepada KPK untuk menyelidik.

(MGN/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat