visitaaponce.com

Mahfud MD Sebut Agenda Pemilu 2024 Tetap Jalan Terus

Mahfud MD Sebut Agenda Pemilu 2024 Tetap Jalan Terus
Ilustrasi Pemilu 2024(MI)

Menko Polhukam, Mahfud MD dengan tegas menyatakan, tahapan Pemilu 2024 tetap jalan terus. Ia pun menilai, pemilu sekarang ini relatif lebih damai.

"Sudah tinggal 4 bulan lagi penentuan calon. Ahamdulilah, kita tenang, tidak ada kekerasan-kekerasan fisik, kekerasan politik," papar Mahfud di gedung DPRD DIY, Sabtu (15/7).

Padahal, saat Pemilu 2019, tiga tahun menjelang Pemilu, gelombang kekerasan-kekerasan politik, kekerasan fisik sudah muncul. Ia bersyukur, sekarang semua berjalan aman dan damai.

Baca juga : Tuai Kontroversi, Usul Penundaan Pilkada Perlu Dibahas Lebih Dalam

Oleh sebab itu, ia tegas menyatakan relevan jika ada wacana penundaan Pemilu. "Kalau ada kesulitan lalu Pilkada atau Pemilu ditunda, ya ndak akan pernah ada Pemilu," papar dia.

Mahfud menegaskan, dibentuknya panitia-panitia penyelenggara Pemilu, termasuk Bawaslu, agar tidak ada penundaan Pemilu, Para penyelenggara Pemilu seharusnya bisa mengantisipasi kesulitan-kesulitan agar tidak ada penundaan Pemilu. "Agenda konstitusi (Pemilu) ndak boleh mundur," tutup dia.

Baca juga : Soal Usulan Penundaaan Pilkada, Ketua Bawaslu: Bukan Usulan Resmi

Sebelumnya Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja pada Rabu (12/7), sebagaimana dikutip dari laman resmi Bawaslu opsi penundaan Pilkada serentak 2024 patut dibahas karena pelaksanaannya beririsan dengan Pemilu 2024 dan ada pula potensi terganggunya keamanan serta ketertiban.

Munculnya wacana itu kemudian menjadi polemik. Pada Jumat, 14 Juli 2023, Rahmat Bagja mengatakan bahwa usulan penundaan Pilkada 2024 yang hangat dibicarakan belakangan ini disampaikannya dalam forum tertutup.

Ia berkilah usulan tersebut tidak untuk membuat gaduh. "Itu dibahas di forum tertutup sehingga kemudian saya kira hal tersebut juga nanti solusinya akan apa, ada di forum tertutup juga. Itu pun juga masih diskusi, bukan kemudian usulan lembaga," kata Bagja. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat