visitaaponce.com

SPN Beralih Dukungan dari Ganjar ke Anies, Kenapa

SPN Beralih Dukungan dari Ganjar ke Anies, Kenapa?
Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) SPN sekaligus deklarasi dukungan terhadap Anies yang digelar di Plaza Hotel Kota Tegal, Jawa Tengah.(MGN/Supardji Rasban.)

SERIKAT Pekerja Nasional (SPN) mencabut dukungan ke bakal calon presiden (bacapres) 2024 yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, beralih ke bacapres yang didukung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Rasyid Baswedan. Juru bicara Anies, Sudirman Said, mengapresiasi beralihnya dukungan SPN dari Ganjar ke Anies tersebut.

Pencabutan dukungan Serikat Pekerja Nasional (SPN) itu dilakukan dalam Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) SPN sekaligus deklarasi dukungan terhadap Anies yang digelar di Plaza Hotel Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (3/8/2023). Ketua Umum DPP SPN, Joko Haryono, menyampaikan, sebelumnya dukungan SPN ke Ganjar itu lewat Ganjar Buruh Berjuang (GBB). Ganjar Buruh Berjuang (GBB) merupakan lembaga riset, yang sekarang juga masih bekerja, dan nanti akan dievaluasi setelah Rakornasus ini.

Joko menyebut, dengan Rakornasus otomatis beralih dukungan, karena ini resmi. "Beralih dukungan ke Anies ini sudah mantap, karena ternyata semuanya condongnya ke sana (Anies). Dan ini sesuai dengan yang diinginkan Anies. Teman-teman nanti bisa bekerja lebih leluasa. Karena isinya seksi/menarik, yakni ada pencabutan omnibuslaw dan reformasi hukum ketenagakerjaan," ujarnya.

Baca juga: Survei: Anies Unggul atas Ganjar di Sumatra Barat

Tidak hanya itu, menurut Joko, ada jaminan sosial semesta sepanjang hayat. Semua untuk rakyat karena keluarga pekerja bisa mendapatkan kepastian jaminan seperti ibu hamil, sakit, meninggal dunia, kecelakaan kerja, bahkan sampai lanjut usia dapat kompensasi. Anies sudah melaksanakan itu waktu menjadi Gubernur DKI.

Juru Bicara Bacapres Anies Baswedan, Sudirman Said, berterima kasih kepada SPN. Beralihnya dukungan SPN dari Ganjar ke Anies merupakan tambahan energi. SPN merupakan organisasi yang kuat karena sebarannya luas. Yang penting, ini berarti elemen buruh satu per satu mendukung Anies. "Ini bukan yang pertama, sebelumnya di Batam, Purwakarta, Bandung, Sumedang, beberapa kali di Jakarta, Yogyakarta, dan nanti di Jawa Timur," ungkap Sudirman.

Baca juga: Anies Dinilai Patut Waspadai Manuver Ganjar dan Prabowo

Menurut Sudirman, beralihnya dukungan dari Ganjar ke Anies merupakan gelombang dukungan dari para pekerja yang merasakan kebijakan-kebijakan Anies saat menjadi Gubernur DKI dulu terbukti berpihak kepada pekerja. Ini sekaligus menjadi harapan jika Anies menjadi Presiden kelak hal itu bisa direalisasikan.

Sebelumnya, para anggota DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) di Morowali, Sulsel, mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, pada Jumat (24/3/2023). Deklarasi disampaikan di sela kegiatan penandatanganan MoU dengan organisasi Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) di Mahodopi, Morowali, Sulawesi Selatan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat