visitaaponce.com

Pidato AHY Kutip Nama Soekarno, Pengamat Kode Demokrat Merapat ke PDIP

Pidato AHY Kutip Nama Soekarno, Pengamat: Kode Demokrat Merapat ke PDIP
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono(MI/Usman Iskandar)

KETUA Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY mengutip nama Soekarno saat memberikan pernyataan usai memimpin rapat pleno pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat di kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Proklamasi, Jakarta, Senin (4/9). 

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai pernyataan tersebut menguatkan sinyal Demokrat bakal merapat ke PDI Perjuangan. 

"Karena hampir tidak pernah AHY dalam pidatonya mengutip Bung Karno, bagaimana sekarang tiba-tiba mengutip, itu menunjukkan bahwa ini dinilai sebagai kode sangat mungkin AHY berusaha untuk menseriusi komunikasi politiknya dengan PDIP," ungkap Adi saat dihubungi, Selasa (5/9).

Baca juga : Peluang Demokrat Bentuk Poros Baru Bersama PPP dan PKS Relatif Kecil 

"Jadi, sekalipun sangat terlihat marah, kecewa, tidak move on karena di PHP jadi Cawapresnya Anies, tapi AHY tidak menghujat, tidak marah dan tidak menunjukan sikap emosionalnya kepada publik. Meski pada saat yang bersamaan kader-kader Demokrat hampir setiap saat menyerang NasDem dan Anies, bahkan sampai sekarang. AHY-nya tidak, tapi yang lain terus menyerang," tambahnya. 

Selain itu, Adi menilai AHY mulai bergerak dengan menindaklanjuti diplomasi politiknya dengan Partai PDI Perjuangan. Sebab, dalam beberapa waktu lalu AHY sempat melakukan pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. 

Baca juga : PDIP Buka Peluang Bahas Pertemuan SBY dan Megawati

"Yang pasti publik ini menilai kok ini seperti tanda-tanda bahwa AHY sudah mulai menseriusi komunikasi politik dengan PDIP untuk memfollow up pertemuan beberapa waktu yang lalu dengan Puan Maharani," kata Adi. 

Adi menanggap ini sebagai kode serius bagi Partai Demokrat untuk merapat ke PDI Perjuangan. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat