visitaaponce.com

Dewas Yakin Salah Satu Pimpinan KPK Menjamu Tahanan

Dewas Yakin Salah Satu Pimpinan KPK 'Menjamu' Tahanan
Skandar menjamu tahanan di lantai 15 gedung KPK tengah diusut oleh Dewan Pengawas.(Antara)

Dewan Pengawas (Dewas) meyakini pihak yang menjamu tahanan di lantai 15 Gedung Merah Putih merupakan salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Skandal itu kini diusut.

"Seingat saya pimpinan," kata anggota Dewas KPK Albertina Ho, Rabu (13/9).

Skandal itu sejatinya sudah dilaporkan ke Dewas KPK. Albertina enggan memerinci lebih lanjut isi aduan.

Baca juga: Tahanan Dikabarkan Menghadap Pimpinan KPK, Eks Penyidik: Pelanggaran Kode Etik!

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango mengungkapkan bila kabar itu benar, bakal menjadi pelanggaran. "Harusnya tidak boleh ada giat yang semacam itu," kata Nawawi melalui keterangan tertulis, Rabu (13/9).

Nawawi mengaku baru mengetahui kabar itu dari pemberitaan. Menurut kabar yang beredar, 'perjamuan' tahanan terjadi pada 28 Juli 2023. "Kalau dalam daftar giat pimpinan tanggal 28 Juli tidak ada giat yang seperti itu," ucap Nawawi.

Baca juga: Dugaan Bertemu Tahanan, Pimpinan KPK Dinilai Manfaatkan Jabatan

Sebelumnya, Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri membantah kabar tersebut. Menurut dia, tahanan tidak bisa naik ke lantai 15 pada Gedung Merah Putih.

"Pemeriksaan sebagai tersangka dan tempat pemeriksaan para tahanan itu di lantai dua," kata Ali di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (12/9).

Ali menjelaskan tahanan baru bisa dikeluarkan dari rutan dengan pengawalan ketat. Tujuannya cuma diperiksa di lantai dua Gedung Merah Putih KPK.

Namun, Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu tidak menepis kabar tersebut. Meski, tahanan sejatinya tidak bisa masuk ke ruang pimpinan.  (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat