visitaaponce.com

Presiden Lantik Kepala Bakamla dan Kepala Badan Karantina Indonesia

Presiden Lantik Kepala Bakamla dan Kepala Badan Karantina Indonesia
Presiden Lantik Kepala Bakamla dan Kepala Badan Karantina Indonesia.(Dok.YouTube Sekretariat Negara)

PRESIDEN Joko Widodo atau Jokowi melantik Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Irvansyah di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/9). Selain itu, presiden juga melantik Sahat Manaot Panggabean sebagai Kepala Badan Karantina Indonesia.

Itu tertuang dalam Keputusan Presiden RI No 118/TPA tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan utama di Lingkungan Badan Keamanan Laut. Lalu Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 117/TPA tahun 2023 tentang Pengangkatan Pejabat Tinggi Utama di Lingkungan Badan Karantina Indonesia.

Baca juga: Presiden Pastikan Kereta Cepat Jakarta Bandung Beroperasi Awal Oktober

"Bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan Undang-undang dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," ujar Kepala Bakamla saat mengucapkan sumpah jabatan.

Jabatan Kepala Bakamla sebelumnya dipegang oleh Laksamana Madya Aan Kurnia yang saat ini digeser menjadi Pati Mabes Angkatan Laut dalam rangka pensiun.

Baca juga: Jokowi Tugaskan Menteri Investasi Cek Kondisi ke Pulau Rempang

Sebelum ditunjuk menjadi Kepala Bakamla, Irvansyah menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I. Ia baru menjabat sebagai Pangkogabwilhan I sejak Januari 2023.

Sedangkan kepala Badan Karantina Indonesia dijabat Sahat Manaor Panggabean. Ia merupakan mantan Staf Ahli Bidang Manajemen dan Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat