visitaaponce.com

Ganjar dan Cak Imin Urus SKCK Syarat Daftar ke KPU

Ganjar dan Cak Imin Urus SKCK Syarat Daftar ke KPU
Bacapres PDIP Ganjar Pranowo(MI / Haryanto Mega)

BAKAL calon presiden (bacapres) yang diusung PDI Perjuangan Ganjar Pranowo dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sudah membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Pembuatan SKCK itu dilakukan jelang pendaftaran pasangan capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, penerbitan dua SKCK itu dilakukan oleh Badan Intelijen dan Keamanan atau Baintelkam Polri.

"Sampai saat ini Baintelkam Polri telah menerbitkan dua SKCK untuk bakal calon presiden/wakil presiden, yaitu Ganjar Pranowo dan Muhaimin Iskandar," ujar Ramadhan saat dikonfirmasi melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/9).

Baca juga : Tim Anies dan Ganjar sebut Cawapres Butuh Ruang untuk Debat

Menurut Ramadhan, Polri menerbitkan SKCK untuk Ganjar dan Cak Imin pada Kamis (14/9) lalu. Diketahui, belum ada jadwal pasti mengenai tanggal pendaftaran pasangan capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 oleh KPU.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3/2022 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilu, KPU sebelumnya menetapkan pencalonan presiden dan wakil presiden pada 19 Oktober sampai 25 November 2023.

Namun, rancangan PKPU tentang Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden terbaru memajukan dan mempersingkat tahap pendaftaran itu menjadi 10-16 Oktober 2024. Saat dikonfirmasi, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan pihaknya masih bakal mengkonsultasikan draf PKPU itu dengan Komisi II DPR RI.

Baca juga : Sah! KPU Tetapkan Nomor Urut Pasangan Capres-Cawapres, Anies-Muhaimin Nomor 1

"Rencana (rapat dengar pendapat) pekan depan. Kalau enggak tanggal 19 atau 20 September," singkat Hasyim.

Setidaknya, ada tiga nama yang digadang-gadang bakal berkontestasi sebagai capres pada Pemilu 2024 mendatang. Selain Ganjar, dua nama lainnya adalah mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Anies dan Cak Imin telah dideklarasikan sebagai capres dan cawapres oleh Partai NasDem, PKB, dan PKS. (Z-8)

Baca juga : AMIN Nomor Urut 1, Prabowo-Gibran Nomor 2 dan Ganjar-Mahfud Nomor 3

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat