visitaaponce.com

Ketum Solmet Adukan Masalah Sengketa Tanah ke Presiden Jokowi

Ketum Solmet Adukan Masalah Sengketa Tanah ke Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo menghadiri Rembugnas Solmet(MI/HO)

KETUA Umum Solidaritas Merah Putih(SOLMET) Silfester Matutina secara terbuka minta Presiden Joko WIdodo untuk membantu penyelesaian masalah tanah masyarakat di tiga daerah yaitu, di Pulau Rempang, Bojong Malaka, dan tanah warga transmigran di Mandailing Natal.

Hal ini disuarakan Silfester secara langsung dalam penutup sambutannya pada Acara Rembug Nasional Persaudaraan Solidritas Merah Putih Indonesia di Gedung Putih Tio Ma Convention Center, Kota Bogor.

Baca juga: Presiden Jokowi Serahkan SK Delapan Kawasan Hutan Adat Aceh

Di hadapan Presiden Jokowi dan 5670 Peserta Rembugnas, Silfer secara terbuka minta perhatian khusus Presiden Jokowi untuk membantu penyelesaian sengketa tanah tersebut hingga masyarakat kecil bisa mendapatkan keadilan dan haknya.

Dalam kesempatan yang sama Silfester sekaligus mengimbau agar jajaran di bawah Presiden Jokowi agar lebih bijaksana dalan penyelesaian hak tanah masyarakat.

Baca juga: DPR Minta Pemerintah Klarifikasi Lokasi Tanah PSN di Pulau Rempang

"Kami tidak mau keberhasilan Presiden ternodai oleh oknum-oknum dibawah kepemimpinan Bapak yang tidak bisa menangangi kasus-kasus tanah dengan bijaksana. Kami tidak mau  nama baik Bapak Presiden tercoreng," tandasnya lewat keterangan yang diterima, Rabu (20/9)

Sebenarnya, sambung Silfester, masyarakat Pulau Rempang yang datang menemui kami mengatakan siap mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco Park, asal hak-hak mereka diselesaikan dan 16 Kampung adat yang mereka tinggali sejak 1834 tidak digusur tapi ditata.

Begitu juga dengan warga Bojong-Bojong Malaka kota Depok yang tanahnya sudah digusur dan dibangun  Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Intinya warga mendukung asalkan hak ganti untung diselesaikan dengan baik.

Presiden Jokowi menyambut baik keluhan-keluhan masyarakat yang disampaikan oleh Ketum Solmet. Bahkan Presiden selain akan meminta Kementrian terkait dan Kapolri turun ke lapangan bahkan berjanji akan turun langsung ke lapangan. (RO/H-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat