visitaaponce.com

PPP belum Cari Pengganti Arsul Sani

PPP belum Cari Pengganti Arsul Sani
Calon Hakim Konstitusi Arsul Sani menjalani uji kelayakan dan kepatutan di ruang Komisi III DPR, kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/9).(ANTARA/Galih Pradipta)

PARTAI Persatuan Pembangunan (PPP) belum mencari pengganti Arsul Sani, yang terpilih menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Arsul sejatinya menjabat sebagai wakil ketua umum PPP.

"Belum (ada pembicaraan siapa penggantinya)," kata Ketua Fraksi PPP di DPR Amir Uskara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip Rabu (27/9).

Amir mengatakan Arsul sudah mengomunikasikan bakal ikut seleksi hakim konstitusi ke PPP, termasuk menyampaikan ke pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono. Menurut Amir, PPP tidak masalah dengan keputusan Arsul tersebut.

Baca juga: Alasan DPR Pilih Arsul Sani Jadi Hakim MK

"Enggak. Itu kan tergantung dari masing-masing anggota. Kalau punya keinginan lain ya enggak masalah, kita juga support setiap ada keinginan dari teman-teman," ucap Amir.

DPR memilih Arsul dari total delapan orang calon hakim konstitusi. Mereka yakni Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, Putu Gede Arya, Abdul Latif, Haridi Hasan, serta Arsul Sani.

Baca juga: Komisi III DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Hakim Konstitusi, Ada Arsul Sani

Namun, hanya Putu Gede Arya yang tidak ikut dalam fit and proper test di Komisi III DPR. Karena dia tidak datang saat pembuatan makalah dan tidak hadir saat penarikan nomor urut. Sehingga, uji kelayakan yang digelar 25-26 September 2023 itu hanya diikuti tujuh calon. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat