visitaaponce.com

Polri Siapkan 9 Satgas Pengaman Pemilu 2024

Polri Siapkan 9 Satgas Pengaman Pemilu 2024
Latihan pengamanan pemilu di Kudus(Antara)

POLRI telah mempersiapkan sembilan skema satuan tugas (satgas) yang berbeda dalam Operasi Mantap Brata untuk pengamanan Pemilihan Umum (pemilu) 2024.

Hal itu diungkapkan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho. Dia pun berharap pemilu akan berlangsung dengan damai dari tahap pendaftaran calon hingga pelantikan.

"Operasi Mantab Brata akan terdiri dari 9 satuan tugas yang berbeda, termasuk Satgas Pengamanan Capres-Cawapres, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Penindakan, Satgas Gakkum, Satgas Antiteror, Satgas Pengaman TPS Luar Negeri, Satgas Hums, dan Satgas Banops," ungkap Sandi dikutip dari keterangan resmi Humas Polri, Jumat (29/9).

Baca juga : Pengaturan Jadwal Pemilu Dinilai Sulit Dipahami

Sandi juga menyebut Polri telah melakukan pemetaan berdasarkan tingkat kerawanan dan karakteristik setiap daerah untuk menentukan pengamanan yang sesuai. Sebanyak 413.197 personel pun siap diturunkan untuk pengamanan Pemilu 2024.

Baca juga : Dairi Berkomitmen Mewujudkan Pemilu Damai dan Berintegritas

"Polri menerjunkan kekuatan penuh untuk mengamankan jalannya Pemilu 2024. Sekitar 434.197 personel diturunkan," ujarnya.

Adapun Operasi ini akan berlangsung selama 222 hari, dimulai dari tahap pendaftaran hingga pengambilan sumpah pasangan presiden yang terpilih.

Polri pun berkomitmen untuk menjaga integritas dan keamanan pemilu sebagai bagian dari proses demokrasi yang adil dan transparan. (Z-8)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat