visitaaponce.com

Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Jadi Plt Mentan

Jokowi Tunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Jadi Plt Mentan
Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan(MI/Indriyani Astuti)

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan sudah menerima surat pengunduran diri Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau akrab disapa SYL. Presiden mengatakan ia telah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai pengganti sementara atau pelaksana tugas (Plt) Mentan.

Pada Kamis (5/10), Syahrul menyerahkan surat tersebut pada Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Mentan datang bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

"Ya tadi malam saya sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg surat pengunduran diri pak menteri pertanian. Ya sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti dan sudah saya tanda tangan juga," ujar presiden memberikan keterangan pada wartawan di Presidential Lounge, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (6/10).

Baca juga: Deretan Kinerja Buat Erick Thohir Peroleh Keuntungan Elektoral Jokowi

Presiden mengungkapkan alasan penunjukkan kepala badan pangan nasional. Tujuannya untuk memudahkan koordinasi ketika membahas isu pangan dan pertanian.

"Supaya lebih koordinatif, lebih memudahkan karena biasanya kita bulog, badan pangan, mentan ini, menteri perdagangan ini selalu harus satu jadi untuk konsolidasi saja biar lebih memudahkan," papar Jokowi.

Baca juga: Mentan SYL Dikabarkan akan Segera Temui Jokowi

Mensesneg Pratikno sebelumnya sempat menyampaikan bahwa kemungkinan Mentan akan bertemu dengan Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jumat (6/10). Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, presiden mengaku waktu pertemuan masih belum diatur.

"Belum..belum..belum mungkin baru diatur, tanyakan ke Pak Mensesneg saja," terang Jokowi.

Mengenai pengganti definitif untuk mengisi jabatan Mentan, presiden menegaskan akan secepatnya dilakukan pergantian. Namun, saat ditanya apakah pengganti Mentan juga berasal dari Partai NasDem seperti Syahrul, Jokowi hanya menjawab pergantian akan dilakukan secepatnya.

" Secepatnya," ucap presiden.

Seperti diberitakan, Mentan tengah terseret kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK saat ini sedang mengusut kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) dan telah menggeledah rumah dinas SYL di kawasan Widya Chandra dan ruang kerjanya di Kantor Kementan, Ragunan, Jakarta, pada akhir September 2023. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat