visitaaponce.com

Langkah Bersih-bersih BUMN Diyakini Bikin Pejabat Jera Korupsi

Langkah Bersih-bersih BUMN Diyakini Bikin Pejabat Jera Korupsi
Menteri BUMN Erick Thohir(Antara)

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar, meyakini langkah tegas bersih-bersih BUMN yang dilakukan Erick Thohir akan menimbulkan efek jera. Menurutnya, pelaporan kasus dugaan korupsi dana pensiun oleh empat BUMN ke Kejaksaan Agung menjadi sebuah peringatan keras.

"Betul, saya meyakini akan muncul efek jera setelah laporan tersebut," kata Fickar, Jumat (6/10).

Fickar mengatakan, dengan adanya pembersihan, direksi ataupun manajemen perusahaan negara akan takut melakukan praktik yang menyimpang. Dengan begitu, kasus serupa diharapkan tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Erick melaporkan empat perusahaan BUMN atas dugaan korupsi pengelolaan dana pensiun ke Kejagung, pada Selasa (3/10) lalu. Empat perusahaan itu adalah PT Inhutani, PT Angkasa Pura I, PT Perkebunan Nusantara, dan ID Food. 

Sebelum membuat laporan, Erick telah meminta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengaudit pengelolaan dana pensiun di empat perusahaan tersebut. Hasilnya, ada kerugian negara sebesar Rp300 miliar. 

Kerja sama Erick Thohir dengan Kejagung dalam bersih-bersih BUMN sejauh ini sudah membuahkan hasil positif. Sejumlah kasus korupsi bernilai besar sudah diproses hukum, mulai dari kasus Jiwasraya, ASABRI, Taspen, dan sebagainya. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat