visitaaponce.com

Pengamat Dukungan Yenny Wahid Pertebal Suara Ganjar-Mahfud di Jatim

Pengamat: Dukungan Yenny Wahid Pertebal Suara Ganjar-Mahfud di Jatim
Direktur Wahid Institute Yenny Wahid(MI/Ardi)

PUTRI Presiden ke-4 RI Yenny Wahid memilih memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Yenny Wahid merupakan salah satu figur berpengaruh di wilayah Jawa Timur (Jatim). Direktur Wahid Institute ini juga dijuluki 'NU 24 Karat' karena memiliki garis keturunan Nahdlatul Ulama (NU) yang amat kuat mulai dari ayahnya, Gus Dur, hingga buyutnya, Hadratussyeikh Hasyim Asy’ari, yang merupakan salah satu pendiri NU.

Baca juga: Ultah ke-55, Ganjar Dapat Kejutan dari Ratusan Pengusaha Muda

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menjelaskan Yenny Wahid sebenarnya sejak awal sudah terlihat menunjukkan kecenderungannya bergabung dengan Ganjar-Mahfud MD.

"Beberapa waktu lalu, Yenny Wahid menegaskan kesiapannya mendampingi Ganjar Pranowo dalam perjalanan kampanye serta mengunjungi berbagai daerah di Jawa Timur bersama para kiai NU. Ini menjadi isyarat bahwa sejak awal Yenny cenderung memberi dukungan politiknya kepada Ganjar Pranowo," ujar Adi, dalam keterangannya, Sabtu (28/10).

Adi tidak menolak fakta bahwa Yenny Wahid baru-baru ini juga tampaknya mendapat perhatian dari Prabowo Subianto. Meski demikian, lanjut Adi, faktor kedekatan Mahfud MD dengan Gus Dur, ayah Yenny Wahid, menjadi faktor utama yang membuatnya memilih untuk tidak mendekati Prabowo.

Baca juga: Ganjar Ingin Hasil Tani Petani Lokal semakin Diserap Industri

"Bagi saya, hal ini jadi sesuatu istimewa mengingat hubungan Mahfud sebagai salah satu pendukung setia Gus Dur selama bertahun-tahun."

"Lantaran keterkaitannya dengan Gus Dur saat beliau menjadi presiden, Mahfud dianggap sangat dekat dan identik dengan Gus Dur. Bahkan, pada masa kepemimpinan Gus Dur, Mahfud MD dipercayakan sebagai menteri," terangnya.

"Oleh karena itu, tidaklah mengherankan saat kita mendengar pernyataan Yenny Wahid yang secara terang-terangan mendukung Mahfud untuk bersama Ganjar maju dalam pemilihan presiden," tambahnya.

Apa konsekuensi dari dukungan Yenny Wahid? Adi menjelaskan hal ini akan memberikan dorongan moral tambahan kepada pasangan Ganjar-Mahfud. Dia menekankan Yenny Wahid memiliki peran penting di Jawa Timur.

"Mahfud MD dan Ganjar Pranowo pasti akan menerima dorongan moral serta dukungan politik tambahan, terutama di wilayah-wilayah yang berafiliasi dengan NU dan khususnya di Jawa Timur."

Baca juga: Ganjar Terapkan Ekonomi Sirkular untuk Ciptakan Pertumbuhan

"Dalam konteks pemilihan presiden secara langsung, dukungan oleh sosok kunci seperti Yenny, yang juga putri Gus Dur, tentu sangat signifikan sebagai modal menghadapi Pemilihan Presiden 2024," ujarnya.

Selain itu, Adi menyoroti Mahfud MD memiliki kedekatan dengan wilayah Madura dan Jawa Timur. Karena itu, menurutnya, dukungan dari Yenny Wahid akan semakin memperkuat dukungan masyarakat Jawa Timur terhadap Ganjar-Mahfud.

Sebelumnya, Yenny Wahid secara resmi menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10). Yenny berbicara dengan para pemimpin partai yang mendukung Ganjar-Mahfud MD.

"Kami, Barisan Kader Gus Dur, memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," ujar Yenny Wahid. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat