visitaaponce.com

Mangkir Tapi Ikut Lomba Bulu Tangkis, Firli Bahuri Dinilai Sudah Meremehkan Dewas

Mangkir Tapi Ikut Lomba Bulu Tangkis, Firli Bahuri Dinilai Sudah Meremehkan Dewas
Praswad menilai Firli Bahuri meremehkan Dewas KPK karena mangkir dari panggilan pelanggaran etik, namun menghadiri lomba bulu tangkis.(Metro TV)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dinilai sudah meremehkan Dewan Pengawas (Dewas). Pasalnya dia mangkir saat dipanggil dalam dugaan pelanggaran etik, tapi bisa menghadiri lomba bulu tangkis di KASAD CUP 2023.

"Dewas sudah tidak memiliki muruah lagi di depan Firli Bahuri, sehingga dia lebih memilih agenda-agenda lain selain diperiksa Dewas," kata Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Senin (31/10).

Praswad menilai Firli meremehkan Dewas karena tidak pernah tegas dalam memberikan hukuman atas pelanggaran etik di KPK. Pentolan Lembaga Antirasuah itu diyakini merasa aman meski sudah dilaporkan atas dugaan pertemuan dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL), dan pemerasan dalam penanganan perkara di Kementan.

Baca juga: Firli Mangkir Dari Dewas, Tapi Hari Ini Main Bulu Tangkis di Kasad Cup

"Firli sudah terlalu PD (percaya diri) dia akan aman-aman saja di Dewas," ujar Praswad.

Dewas diminta mengintropeksi diri usai Firli mangkir dari panggilan tapi bisa ikut lomba bulu tangkis. Instansi pemantau itu sejatinya harus tegas dan ditakuti seluruh pegawai KPK.

Baca juga: Ketidakhadiran Firli Dinilai Perlambat Proses Etik di Dewas KPK

"Padahal di dalam KPK, penegakan kode etik dan integritas adalah hal yang paling utama, tidak ada aktivitas dan tugas lain yang lebih penting di KPK selain menegakkan kode etik dan integritas," tegas Praswad.

Diketahui, Firli Bahuri mangkir dari panggilan pemeriksaan Dewas KPK pada Jumat (27/10), terkait dugaan pelanggaran etik dalam pertemuan dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Saat itu, Firli beralasan sedang menjalankan tugas. 

Namun, pada Minggu (29/10), Firli justru muncul di Gelora Bung Karno (GBK) Arena, Jakarta, bermain Tepok Bulu dalam acara KASAD CUP 2023. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat