visitaaponce.com

Menteri yang Terlibat Pemenangan Capres Didesak Mundur

Menteri yang Terlibat Pemenangan Capres Didesak Mundur
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri).(Antara)

DIREKTUR Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menyatakan bahwa menteri-menteri yang terlibat pemenangan capres tertentu, sebaiknya mengundurkan diri. Menurutnya, pengunduran diri penting untuk menjaga komitmen pemerintah punya sikap netral dalam Pilpres 2024.

“Lebih khusus bagi menteri yang merupakan calon presiden ataupun wakil presiden,” tegas Ray kepada Media Indonesia, Rabu (1/11).

“Pilihannya mundur dari jabatan atau mundur dari pencalonan atau pemenangan calon pejabat negara di eksekutif,” tambahnya.

Baca juga: KPU: Revisi PKPU Rampung sebelum Capres-Cawapres Ditetapkan

Ray menerangkan sulit untuk memastikan apakah Jokowi benar-benar dapat netral atau tidak. Ray menilai suasananya saat ini memperlihatkan bahwa Jokowi tidak seperti benar-benar ingin bersikap netral.

“Selain peristiwa spanduk, pertemuan relawan dengan pak Jokowi, adanya izin keramain yang di beberapa tempat sulit didapatkan, pergantian pejabat pemerintahan di posisi penting, juga bisa dilihat dalam kerangka kebenaran netralitas itu,” tuturnya.

Baca juga: Bawaslu: Program Menteri Dilarang Untungkan Capres-cawapres Tertentu

Netralitas Presiden Joko Widodo kian dipertanyakan usai menyambangi relawan yang tergabung dalam Arus Bawah Jokowi di sela-sela kunjungan kerja di Bali, Selasa (31/10).

Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menganggap pertemuan tersebut semakin menggambarkan hilangnya netralitas presiden menjelang Pemilu 2024.

“Kunjungan presiden ke Bali merupakan kunjungan resmi kenegaraan. Maka itu sudah jelas semua kegiatan yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas kenegaraan tidak dapat dibenarkan," ujar Ray kepada Media Indonesia, Rabu (1/11).

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat