visitaaponce.com

9.917 Caleg DPR RI yang Diumumkan Besok masih Dilarang Kampanye

9.917 Caleg DPR RI yang Diumumkan Besok masih Dilarang Kampanye
Gedung KPU RI(Dok.MI)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan 9.917 calon anggota legislatif (caleg) DPR RI hari ini, Jumat (3/11). Nama para caleg beserta partai politik pengusul, foto, dan nomor urutnya akan diumumkan kepada publik mulai Sabtu (4/11) lewat laman resmi KPU RI.

Meski sudah diumumkan, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengingatkan ribuan caleg itu belum bisa langsung melakukan kampanye. "Belum (boleh kampanye). Kampanyenya baru tanggal 28 November 2023," ujarnya di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (3/11).

Diketahui, masa kampanye untuk Pemilu 2024 digelar sampai 10 Februari 2024. Sampai menunggu dimulainya kampanye pada 28 November mendatang, caleg hanya boleh melakukan sosialisasi kepada publik.

Baca juga: Pemilih Perlu Tahu CV Caleg sebelum Nyoblos

Dalam konferensi pers penetapan daftar calon tetap (DCT), Hasyim menguraikan sebanyak 6.241 caleg berjenis kelamin laki-laki. Sedangkan 3.676 sisanya adalah caleg perempuan. Adapun prosentase total keterwakilan perempuan caleg mencapai 37,13%.

Jumlah caleg dalam DCT itu berkurang dua orang dari yang sebelumnya ditetapkan dalam daftar calon sementara (DCS) pada pertengahan Agustus lalu, yakni 9.919 orang. Menurut Hasyim, berkurangnya jumlah caleg itu disebabkan adanya masukan dan tanggapan dari masyarakat.

Baca juga: Jelang Penetapan, Parpol Didesak Buka CV Caleg

"Setelah (DCS) diumumkan, ada tanggapan masyarakat dan mekanisme internal partai untuk merespon tanggapan masyarakat itu," jelas Hasyim.

9.917 caleg yang telah ditetapkan bakal memperebutkan 580 kursi di DPR RI yang tersebar di 84 dapil. Dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024, 11 di antaranya mencalonkan 580 caleg. Berdasarkan data KPU, Partai Gelombang Rakyat Indonesia menjadi partai dengan caleg DPR RI paling sedikit, yakni 396 caleg. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat