visitaaponce.com

Firli Bahuri Mangkir Panggilan Polda Metro Jaya Beralasan Diperiksa Dewas KPK

Firli Bahuri Mangkir Panggilan Polda Metro Jaya Beralasan Diperiksa Dewas KPK
Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak(Medcom/Siti Yona Hukmana)

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mangkir panggilan Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan pemerasan mantan menteri pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pucuk pimpinan lembaga antirasuah itu beralasan tidak bisa hadir karena ada pemeriksaan oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

"Hari ini untuk saksi FB tidak bisa menghadiri panggilan penyidik untuk diperiksa sebagai saksi dikarenakan pada hari yang sama waktu yang sama, saksi FB memenuhi undangan klarifkmasi kedua dari Dewas KPK RI hari ini," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (14/11).

Ade mengatakan Firli bersedia memenuhi panggilan pemeriksaan. Namun, dilakukan di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. "Disampaikan permintaan kepada tim penyidik untuk pemeriksaan tambahan dapat dilakukan di gedung Bareskrim Polri," ujar Ade.

Baca juga: Firli Bahuri Kembali Mangkir Panggilan Polda Metro

Namun, Ade belum memutuskan diterima atau tidak permintaan pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu. Penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ditreskrimsus Polda Metro Jaya disebut akan mempertimbangkan terlebih dahulu.

"Atas surat dimaksud penyidk akan mempertimbangkan surat dimaksud termasuk jadwal ulang pemeriksaan. Akan dilakukan koordinasi dengan biro hukum KPK," ungkap Ade.

Baca juga: Bila Mangkir Lagi, Polda Metro Didesak Jemput Paksa Firli Bahuri

Sedianya, Firli diperiksa dalam agenda pemeriksaan tambahan di Gedung Promoter Polda Metro Jaya hari ini pukul 10.00 WIB. Pemeriksaan ini merupakan penjadwalan ulang atas panggilan yang tak ia penuhi pada Selasa, 7 November 2023.

Tiga kali mangkir

Firli sudah tiga kali mangkir panggilan pemeriksaan kasus dugaan pemerasan SYL. Pertama dia mangkir saat panggilan pemeriksaan perdana pada Jumat, 20 Oktober 2023. Polda Metro menjadwalkan ulang pemeriksaan pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Firli memenuhi panggilan dan meminta pemeriksaan dilakukan di Gedung Bareskrim Polri. Hasil pemeriksaan perdana itu dia mengakui pernah bertemu SYL di Lapangan Badminton, GOR Tangki, Sawah Besar, Jakarta Barat.

Firli kemudian, dipanggil kembali dalam agenda pemeriksaan tambahan pada Selasa, 7 November 2023. Pucuk pimpinan Lembaga Antirasuah itu kembali mangkir dengan alasan mengikuti kegiatan roadshow bus antikorupsi di Aceh. Padahal, kegiatan itu digelar pada 9-12 November 2023.

Polda Metro Jaya menjadwalkan ulang pemeriksaan itu hari ini Selasa, 14 November 2023. Ketua KPK ini kembali mangkir. Padahal agenda pemeriksaan dugaan pelanggaran etik oleh Dewas KPK ditunda pekan depan. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat