visitaaponce.com

Firli Bahuri Tutupi Muka dengan Tas dan Tangan, ICW Mirip Koruptor

Firli Bahuri Tutupi Muka dengan Tas dan Tangan, ICW: Mirip Koruptor
Gestur Firli Bahuri yang menutup muka dengan tas dan tangan dinilai mirip pelaku korupsi usai diperiksa KPK.(Medcom/ Siti Yona Hukmana)

GESTUR Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menutupi wajahnya dengan tas dan tangan di dalam mobil usai diperiksa Polda Metro Jaya dan Bareskrim Mabes Polri dinilai Indonesia Corruption Watch (ICW) mirip pelaku tindakan rasuah yang biasa diperiksa Lembaga Antikorupsi.

"Tindakan Firli Bahuri yang berusaha menghindari jurnalis dengan bersembunyi dan menutup wajahnya menggunakan tas setelah menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri mengingatkan masyarakat pada kebiasaan para koruptor," kata Peneliti dari ICW Kurnia Ramadhana melalui keterangan tertulis, Jumat (17/11).

Kurnia mempertanyakan alasan Firli menutup wajahnya seperti itu. Padahal, Ketua KPK itu ada di dalam mobil dengan kaca gelap dan tertutup.

Baca juga: Polisi Buka Kemungkinan Panggil Firli Bahuri Kembali 

"Seperti yang sering tampak di KPK, koruptor yang mengenakan rompi oranye selalu mencari siasat untuk lari dari kejaran jurnalis. Perbedaan diantara keduanya praktis hanya pakaiannya saja, koruptor menggunakan rompi, sedangkan Firli mengenakan batik," ujar Kurnia.

ICW menilai Firli panik usai dimintai keterangan penyidik. Kurnia juga meyakini Ketua KPK itu menyadari posisinya sudah terancam. "Perasaan panik yang tampak dari tindakan Firli tersebut menimbulkan prasangka, bahkan mungkin menjurus pada keyakinan, di tengah masyarakat bahwa dirinya memang benar terlibat dalam perkara pemerasan dan pertemuan dengan pihak berperkara," ucap Kurnia.

Baca juga: Polda Metro Jaya dan Bareskrim Rakor dengan KPK Tentukan Supervisi Kasus Pemerasan SYL

Kurnia sangat yakin Firli merasa bersalah dalam perkara dugaan pemerasan terhadap mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) ini. Sikap pentolan Lembaga Antirasuah kemarin dinilai membuktikan tuduhan publik terhadapnya selama ini. "Sebab, jika merasa benar, mengapa sampai ketakutan seperti itu?" ucap Kurnia.

Polda Metro Jaya bersama Bareskrim Polri memeriksa Ketua KPK Firli Bahuri pada Kamis, 16 November 2023. Pentolan Lembaga Antirasuah itu menghindari wartawan usai dimintai keterangan.

Dia bahkan menutupi wajahnya di dalam mobil. Di sisi lain, polisi telah menyita laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) milik Firli. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat