visitaaponce.com

Anies Pastikan Keadilan Jadi Acuan Pembuatan Kebijakan

Anies Pastikan Keadilan Jadi Acuan Pembuatan Kebijakan
Anies Baswedan (tengah) menyampaikan pandangannya saat mendengar aspirasi sejumlah kiai kampung di Kastil Atamimi Palace.(DOK IST)

CALON Presiden (Capres) Anies Baswedan memastikan keadilan menjadi dasarnya dalam mengambil kebijakan. Hal ini ia ungkapkan saat mendengar aspirasi sejumlah kiai kampung di Kastil Atamimi Palace, Villa Puncak Tidar, Malang, Sabtu (18/11).

"Kata kunci penyusunan kebijakan ke depan adalah kata keadilan, setiap kebijakan disusun harus menjawab pertanyaan apakah sudah memenuhi keadilan (atau tidak)," ujar Anies.

Anies menekankan kebijakan yang tak penuhi keadilan akan menghasilkan ketimpangan di tengah masyarakat. Terkait aspirasi kiai dari berbagai kampung, mereka menginginkan adanya keadilan pada aspek pendidikan.

Baca juga:

Anies Baswedan Sebut Indeks Demokrasi Indonesia Menurun

Anies Baswedan Sampaikan Aparat Negara Harus Netral Demi Kepercayaan Publik

"Intinya jangan ada pembedaan antara pendidikan keagamaan dengan pendidikan umum dan itu salah satu agenda utama yang memang kita akan bawa," jelasnya.

Sementara itu, pencetus Mujadalah Kiai Kampung, Amin Ahmad Balbaid menyampaikan salah satu fokus dirinya ialah terwujudnya sistem pendidikan dan kesejahteraan guru yang manusiawi. Sebab, masih banyak guru-guru di pedesaan yang menerima gaji sebesar Rp70.000 per bulan. 

"Kami menuntut agar setidaknya 20 persen Dana Desa yang diperoleh dari pemerintah pusat, harus dipergunakan untuk kesetaraan pendidikan tersebut," kata Amin. (Medcom/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat