visitaaponce.com

KPK Sudah Terima SK Presiden Soal Pemberhentian Firli dan Jabatan Nawawi

KPK Sudah Terima SK Presiden Soal Pemberhentian Firli dan Jabatan Nawawi
Ketua nonaktif KPK sekaligus tersangka pemerasan Firli Bahuri(MI)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku telah menerima surat keputusan Presiden Joko Widodo soal pemberhentian sementara Ketua nonaktif KPK Firli Bahuri. Berbarengan dengan itu, KPK juga menerima surat keputusan penetapan Nawawi Pomolango sebagai ketua sementara.

"KPK telah menerima surat keputusan presiden tentang pemberhentian sementara Firli Bahuri dan pengangkatan Nawawi Pomolango sebagai ketua KPK sementara kemarin siang," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron melalui keterangan tertulis, Minggu (26/11).

Ghufron mendukung penuh keputusan Jokowi. Nawawi diyakini didukung penuh pegawai untuk mengembalikan muruah KPK.

Baca juga: KPK Terlanjur Bobrok, Semua Pimpinannya Harus Diganti

"Saya rasa segenap insan KPK akan mendukung dan berharap pada Pak Nawawi untuk mengembalikan muruah dan dukungan masyarakat kepada KPK," ucap Ghufron.

Ghufron menilai Kepala Negara tidak salah dengan memilih Nawawi sebagai ketua sementara KPK. Sebab, dia merupakan yang paling berpengalaman dibandingkan empat komisioner lain.

Baca juga: Kuasa Hukum Firli: Kita Lawan Penetapan Tersangka oleh Polda

"Rasanya Pak Nawawi adalah sosok yang tepat karena paling senior di antara kami pimpinan yang ada. Harapannya tentu Pak Nawawi memiliki kebijakan yang lebih, serta beliau diterima atau tidak memiliki resistensi dari insan KPK," jelasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK Sementara. Nawawi ditunjuk menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara oleh Presiden Jokowi.

Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Keputusan presiden (Keppres) mengenai pemberhentian dan penetapan Ketua KPK sementara telah diteken Presiden Jokowi saat tiba di Jakarta usai kunjungan kerja ke Papua, Papua Barat, dan Kalimantan Barat.

"Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (24/11) malam," tutur Ari. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat