visitaaponce.com

Data Pemilu 2024 Diduga Bocor, Gus Muhaimin Upaya Sistematis Ganggu Pemilu

Data Pemilu 2024 Diduga Bocor, Gus Muhaimin: Upaya Sistematis Ganggu Pemilu
Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar(MI/ Moh Irfan)

CALON wakil presiden (Cawapres) nomor urut satu Muhaimin Iskandar atau yang biasa disapa Gus Imin merespons adanya dugaan data pemilih Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) diretas.

Sebanyak 204 juta data daftar pemilih tetap (DPT) diduga bocor, kemudian peretas menjual data tersebut.

Gus Imin menerangkan adanya serangan siber tersebut menunjukkan adanya upaya sistematis yang ingin menganggu pesta demokrasi lima tahunan Indonesia.

Baca juga: TikTok Sediakan Akses ke Informasi Kredibel dan Otoritatif Seputar Pemilu

“Ya ini menunjukkan keteledoran. Kita harus kontrol terus KPU bantu KPU untuk sukseskan pemilu,” terang Gus Imin, Kamis (30/11).

“Karena ini menunjukkan ada upaya sistematis yang akan mengganggu pemilu,” tambahnya.

Terpisah, pakar keamanan siber Pratama Persadha mengatakan jika data pemilih di KPU betul-betul diretas, hal itu akan sangat berbahaya bagi Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Pendaftaran Petugas KPPS Dibuka pada 11 Desember

“Jika peretas Jimbo benar-benar berhasil mendapatkan kredensial dengan role Admin, hal ini tentu saja bisa sangat berbahaya pada pesta demokrasi pemilu yang akan segera dilangsungkan,” ungkap Pratama kepada Media Indonesia, Rabu (29/11).

“Karena bisa saja akun dengan role admin tersebut dipergunakan untuk mengubah hasil rekapitulasi penghitungan suara yang tentunya akan mencederai pesta demokrasi bahkan bisa menimbulkan kericuhan pada skala nasional,” tambahnya. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat