visitaaponce.com

Gara-gara Ulah Firli, KPK Minder Bikin Acara Pendidikan Antikorupsi

Gara-gara Ulah Firli, KPK Minder Bikin Acara Pendidikan Antikorupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Nawawi Pomolango (kiri).(MI/Susanto)

KETUA sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengaku minder membuat acara pendidikan antikorupsi untuk meningkatkan integritas masyarakat usai Firli Bahuri menyandang status tersangka. Dia khawatir instansinya dinilai warga menjilat ludah sendiri.

"Dengan musim yang tidak baik-baik saja saya tanyakan ke Pak Deputinya (di bidang pendidikan dan peran serta masyarakat), 'masih adakah orang yang datang ke acara kita?' Jangan cuma kita teriak-teriak 'jujur itu hebat', tapi, kita tidak jujur dengan situasi yang ada," kata Nawawi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis, 30 November 2023.

Ulah Firli sangat bertolak belakang dengan upaya KPK meningkatkan integritas masyarakat dengan pendidikan antikorupsi. Nawawi bahkan mengaku sempat mengumpulkan beberapa petinggi di Lembaga Antirasuah untuk mengevaluasi jadwal kegiatan pencegahan maupun pendidikan.

Baca juga: 8 Saksi Diperiksa Terkait Kasus Pemerasan Terhadap SYL oleh Firli Bahuri

Menurut Nawawi, KPK harus menahan sejumlah kegiatan pendidikan antikorupsi karena kasus Firli dinilai menimbulkan musim yang tidak baik-baik saja bagi Lembaga Antirasuah. Dia juga khawatir acara yang dibuat tidak dihadiri masyarakat karena sakit hati dengan kelakuan Firli.

"Saya meminta kepada para deputi termasuk dikpermas ini untuk mengevaluasi lagi giat-giat lapangan yang harus terus dijalankan di penghujung tahun ini dan atau ada giat-giat yang harus di-hold saja dulu gitu," ucap Nawawi.

Baca juga: 4 Pimpinan KPK Diminta Tidak Mencontoh Firli Jika Dipanggil Polda Metro

Namun, bawahannya meminta tidak semua agenda pendidikan antikorupsi ditunda. KPK ingin acara pencegahan rasuah terkait dana desa di Kalimantan Timur, dan Rakornas Pendidikan Antikorupsi 2023 di Hotel Bidakara Jakarta tetap dijalankan.

"Saya menyetujui untuk tetap dilaksanakan kegiatan ini (Rekonas Pendidikan Antikorupsi 2023), tapi dengan jaminan dari Pak Deputi dan jajarannya bahwa giat ini bakal dihadiri paling tidak sepuluh orang sudah alhamdulillah," ucap Nawawi.

Namun, acara di Hotel Bidakara Jakarta berlangsung dengan ramai. Banyak stakeholder terkait dan masyarakat menyambangi acara itu.

Nawawi mengaku terharu dengan antusiasme masyarakat. Dia berterima kasih karena KPK belum ditinggalkan sepenuhnya.

"Hari ini saya ditampilkan pemandangan seperti ini. Saya tidak tahu harus mengucapkan terima kasihnya dari mana. Terima kasih kesediaan bapak ibu semua untuk hadir dalam giat program Komisi Pemberantasan Korupsi," tutur Nawawi.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat