visitaaponce.com

TNI Mayor Teddy Hanya Ajudan yang Ikuti Kegiatan Menhan Prabowo

TNI: Mayor Teddy Hanya Ajudan yang Ikuti Kegiatan Menhan Prabowo
Prajurit aktif TNI Mayor Teddy Indra Wijaya hadir dalam barisan pendukung calon presiden (capres) nomor urut 2(Istimewa)

KEPALA Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono menerangkan anggota TNI aktif Mayor Teddy Indra Wijaya hanya ajudan Prabowo Subianto yang mengikuti kegiatan Menteri Pertahanan.

Julius menegaskan Mayor Teddy tidak mewakili TNI saat menghadiri debat capres. Julius mengenukakan Mayor Teddy hanya ajudan yang melekat kepada Prabowo sebagai Menteri Pertahanan.

“Dia hanya ajudan yg mengikuti kegiatan Menhan. Tidak mewakili institusi TNI atau kepentingan pribadi (ajudan melekat ikut kegiatan Menhan),” papar Julius kepada Media Indonesia, Senin (18/12).

Baca juga : Bawaslu Proses Netralitas Ajudan Prabowo ke Mabes TNI

“Akan berbeda jika yang bersangkutan atau prajurit aktif lainnya, misalkan karena kehendaknya sendiri lalu ikutan kampanye.

Dan akan salah jika yang bersangkutan gunakan seragam militer saat itu,” tambahnya.

Julius menegaskan kehadiran Mayor Teddy di debat capres tidak mewakili institusi TNI atau pribadinya yang ikut berpolitik. Dirinya hanya memposisikan dirinya sebagai ajudan tidak lebih.

Baca juga : Datangi Tempat Berkumpul Prabowo-Gibran,Kenegarawanan Jokowi Dipertanyakan

“Coba cermati Mayor Teddy hanya ajudan tidak punya pengaruh ke dalam atau keluar terhadap partai atau proses pilpres,” terangnya.

Sangat berbeda, kata Julius, jika anggota TNI aktif ikut kampanye sebagai pribadi atau jabatan di luar tupoksinya.

Sebelumnya, Bawaslu RI bakal menyampaikan langsung soal adanya dugaan pelanggaran pemilu oleh Mayor Inf Teddy Indra Wijaya yang merupakan ajudan pribadi calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto.

Baca juga : Keberpihakan Presiden Nodai Prinsip Keadilan

Bawaslu masih selidiki pelanggaran netralitas TNI

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja, menyebut pihaknya saat ini masih menelusuri terkait adanya ASN TNI yang ikut kampanye dan akan menyampaikan hasilnya ke Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

“Sudah kita telusuri, betul dan akan kita sampaikan ke panglima TNI. Kita kaji dulu sekarang, kita sampaikan ke panglima TNI untuk tindak lanjut terhadap (Teddy) jika terdapat dugaan pelanggaran terhadap netralitas TNI karena itu berkaitan dengan netralitas TNI,” ungkap Bagja, kepada wartawan, Senin (18/12).

“Sudah, sedang kami kaji, nanti tindak lanjutnya ke Panglima kita akan sampaikan ke Panglima TNI,” paparnya.

Bagja mengklaim bahwa dugaan pelanggaran pemilu oleh Mayor Inf Teddy Indra Wijaya merupakan temuan dari Bawaslu. Apalagi, kata Bagja, di media sosial pemberitaan soal dugaan pelanggaran netralitas TNI itu terus menyeruak.

“Iya makanya harus dikaji dulu, ini sebagai ajudan apakah boleh demikian atau bagaimana akan kita kaji dulu kemudian kita akan teruskan ke Panglima TNI. Karena kalau termasuk ke dugaan pelanggaran masuk ke netralitas TNI jadi kita akan sampaikan ke Panglima TNI untuk menindak lanjutinya,” tutur Bagja. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat