visitaaponce.com

Mahfud Protes ke KPU soal Surat Suara Simulasi

Mahfud Protes ke KPU soal Surat Suara Simulasi
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.(AFP/Chiba)

CALON wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD protes kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari terkait simulasi surat suara Pilpres 2024 di sejumlah daerah, yang hanya berisi 2 kolom pasangan calon (paslon).

“Pak Hasyim, Ketua KPU sudah saya complaint tentang hal ini, dan dia bilang itu hanya simulasi dari IPB, dan akan dikoreksi. Akan diperbaiki," kata Mahfud, usai menghadiri rapat konsolidasi TPN Ganjar-Mahfud di Jakarta, Rabu, (3/1).

Mahfud mengatakan, simulasi surat suara untuk Pilpres 2024 seharusnya berisi minimal 4 Paslon. Jika tidak, kolom untuk paslon 1, 2, dan 3 harus ada di setiap lembaran suara.

Baca juga: Ini Alasan Mahfud MD tidak Percaya Survei Pilpres 2024

"Seharusnya minimal 4 kolom, kalau tidak 1, 2, dan 3 sesuai paslon. Ini sudah ada pernyataan resmi dari Pak Hasyim," ungkapnya.

Dia menambahkan apapun alasannya KPU telah merugikan paslon nomor urut 3, mengingat pada Pilpres 2024 ada 3 paslon yang berkontestasi.

"Ya, makanya saya bilang kepada Ketua KPU harus diperbaiki".

Baca juga: Elektabilitas Prabowo-Gibran Cenderung Stagnan

Sebelumnya terdapat temuan TPN Ganjar-Mahfud terkait surat suara pilpres yang hanya menyertakan 2 kolom paslon di sejumlah daerah, antara lain di Solo (Jawa Tengah) dan Banten.

Di Solo, kertas suara untuk simulasi Pilpres hanya menampilkan gambar 2 Paslon, yakni Paslon 1 dan Paslon 2. DPC PDI Perjuangan Solo telah memprotes hal ini.

Sementara itu, Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menyampaikan bahwa surat suara untuk simulasi Pilpres yang hanya menyertakan 2 paslon, semakin menambah keraguan atas kredibilitas KPU RI sebagai penyelenggara Pemilu.

"Saya yakin orang awam pun cerdas, sangat tahu bahwa aneh simulasi semacam ini. Dalam hati saya bertanya, apakah kita masih punya confident terhadap profesionalitas KPU melakukan simulasi, mengadministrasi, dan mengelola Pemilu ini," tuturnya.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat