visitaaponce.com

Ini Formula Anies Berantas Pungli di Kalangan Pengusaha

Ini Formula Anies Berantas Pungli di Kalangan Pengusaha
Anies Baswedan.(AFP/YASUYOSHI CHIBA )

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menawarkan program memberantas pungutan liar (pungli) di kalangan pengusaha. Sejumlah formula dijabarkan.

"Satu adalah koreksi di tingkat sistem, ada jenis-jenis pungli yang sebenarnya sistemik yang dikoreksinya di sistem," kata Anies di Dialog Capres Bersama Kadin: Menuju Indonesia Emas 2045, Kamis (11/1).

Berikutnya yakni berkaitan dengan aktor pungli. Menurut dia, perlu kolaborasi antara pemerintah dan pengusaha untuk memberantas aktor tersebut.

Baca juga: Anies Beberkan Kriteria Kabinet yang Ideal

"Ketika terkait dengan aktor pemberesan pungli tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja, yang lebih tahu pungli itu adalah pelaku usaha," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan pelaku usaha sejatinya lebih tahu dimana, kapan terjadinya pungli, dan nilai besarannya. Hal-hal tersebut juga perlu diketahui hingga tingkat pemerintah untuk ikut dilibatkan membereskannya.

"Jadi kami melihat lagi-lagi kolaborasi dengan dunia usaha untuk menunjukkan lubang-lubang yang harus dikoreksi, praktik-praktik pungli yang harus diberantas," ucap Anies.

Baca juga: Pemerintah harus Berkolaborasi Aktif dengan Pelaku Usaha

Anies mengatakan ia berkomitmen untuk memberantas cara-cara kotor tersebut. Karena hal tersebut membuat dunia usaha tak berkembang tak sehat.

"Komitmennya adalah kita harus memberantas berbagai macam praktik bad governance termasuk pungli supaya dunia usaha bisa tumbuh berkembang dengan sehat," kata Anies. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat