visitaaponce.com

Bawaslu Respons Iklan Videotron Anies yang Diturunkan Paksa di Jakarta dan Bekasi

Bawaslu Respons Iklan Videotron Anies yang Diturunkan Paksa di Jakarta dan Bekasi
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja(MI/Usman Iskandar)

HEBOH soal penurunan paksa videotron capres nomor 1 Anies Baswedan di Jakarta dan Bekasi, ini tanggapan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja.

Rahmat mengaku akan menindaklanjutinya jika ada laporan resmi ke Bawaslu. Jika memang ditemukan ada fakta tidak netralnya pemerintah daerah, Bawaslu menganggap hal itu menjadi bentuk pelanggaran.

"Mestinya ada ijin pemda. Kalau misalnya pemda tidak bersikap netral, harusnya dikasih kesempatan yang sama kepada seluruh peserta pemilu. Tapi kalau sudah sewa dan kemudian dibatasi, itu jadi persoalan," katanya, Selasa (16/1).

Baca juga : Diturunkan Paksa, Iklan Videotron Anies Mestinya Tayang Seminggu

Bagja mengaku akan mengumpulkan informasi mengenai penurunan paksa videotron tersebut. Namun, penindakan baru akan diproses jika ada laporan ke Bawaslu.

"Kalau ada laporan pasti ditindaklanjuti," cetusnya.

Baca juga : Drone Emprit: Videotron Anies Baswedan Disetop Paksa Justru Makin Viral 

Lokasi videotron Anies Baswedan di Bekasi dan Jakarta yang diturunkan paksa. (Sumber: Istimewa)

 

Selain dugaan tidak netralnya pemerintah daerah, menurut Bagja, persoalan diturunkannya paksa videotron itu bisa juga berasal dari perizinan atau pihak ketiga sebagai pengiklan.

"Kita akan lihat apakah memang perizinannya atau pihak ketiganya. Bukan karena pemdanya saja," pungkasnya.

Seperti diketahui, akun X @olpproject memberi penjelasan terkait iklan videotron Anies Baswedan yang mendadak diturunkan. Videotron yang berada di kawasan Bekasi dan Jakarta dijadwalkan selama seminggu ke depan.
 
Sebelumnya videotron berupa tayangan Anies bergaya ala K-popers ini viral di media sosial. Video yang diunggah @olpproject di X ini pun sudah ditonton 7,1 juta kali.
 
“Anies’s ads by @olpprojectx @aniesbubble Check it out in front of Grand Metropolitan Bekasi! Use #SpotAbahAnies if you spot it! #PahitManiesAlwaysWithAnies #ANIES #??? @aniesbaswedan,” tulis @olpprojectx dikutip dari Medcom.id, Selasa 16 Januari 2024.

Video tersebut memperlihatkan wajah Anies dalam empat tayangan. Dalam setiap tayangan terdapat tulisan 'All rounder', tanggal lahir Anies yakni '05071969', 'Face of The Group', 'Leader', dan 'Main Vocal'. 
  
Belum 24 jam tayang, videotron yang viral tersebut mendadak diturunkan. Padahal, sejatinya iklan videotron tersebut tayang selama seminggu 15-21 Januari 2024. (MGN/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat