visitaaponce.com

KPK Harap Presiden dan DPR Segera Tunjuk Pengganti Firli

KPK Harap Presiden dan DPR Segera Tunjuk Pengganti Firli
Mantan Ketua KPK Firli Bahuri(MI / ADAM DWI)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR segera menyikapi kekosongan jabatan di lembaga antirasuah itu. Hingga kini, belum ada nama yang disiapkan untuk mengganti mantan Ketua KPK Firli Bahuri.

“Jadi, sekali lagi, untuk kekosongan kita di sini diserahkan sepenuhnya kepada Presiden dan DPR untuk menyikapinya,” kata Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango di Jakarta, Kamis (18/1).

Nawawi enggan menyampuri keputusan penggantian sosok komisioner di KPK. Sebab, kewenangan itu urusan Presiden dan DPR.

Baca juga: Istana Segera Siapkan Pengganti Firli Bahuri

KPK hanya bisa menunggu komisioner pengganti. Sampai pemilihan tiba, Lembaga Antirasuah bertahan dengan empat pemimpin.

Ada empat calon pengganti Firli. Mereka yakni Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I Sigit Danang Joyo, pegiat antikorupsi Lutfi Jayadi Kurniawan, petinggi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) I Nyoman Wara, dan Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Roby Arya Brata.

KPK menegaskan kinerjanya tidak terganggu meski pengganti mantan Komisioner Firli Bahuri belum ditentukan. Konsep kolektif kolegial dimaksimalkan.

Baca juga: Usulan Yusril Hentikan Kasus Firli Bahuri Dinilai tidak Masuk Akal

“Sudah disampaikan (Ketua sementara KPK) Pak Nawawi (Pomolango), kan itu bisa, dan diupayakan (pengambilan keputusan) sekolektif kolegial, benar-benar dilakukan di situ,” kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa (9/1).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu menjelaskan pihaknya masih bisa mengambil keputusan dengan suara terbanyak dengan empat pimpinan yang ada jika ada perbedaan pendapat. Kinerja Lembaga Antirasuah baru terganggu jika komisionernya cuma tiga orang.  (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat