visitaaponce.com

Peduli Perempuan dan Anak, Anies Janji Bangun Daycare dan Ruang Laktasi di Tempat Kerja

Peduli Perempuan dan Anak, Anies Janji Bangun Daycare dan Ruang Laktasi di Tempat Kerja
Capres Anies Baswedan(MGN/Candra Yuri Nuralam )

CALON presiden (capres) 01 Anies Baswedan berjanji akan membuat daycare atau tempat penitipan anak dan ruang laktasi di tempat-tempat kerja. Hal ini disampaikan Anies setelah menerima pertanyaan soal dilema perempuan bekerja setelah mempunyai anak dalam kegiatan Desak Anies bertema Perempuan, Lingkungan Hidup dan Agraria.

"Ini adalah masalah sudah menahun diselesaikan saja, jadi apa yang bisa dilakukan? Kita harus membangun daycare, tempat penitipan anak kemudian ruang laktasi yang berkualitas di tempat-tempat kerja sebagai dukungan kepada perempuan yang bekerja agar dia tetap bisa bekerja sambil bisa merawat dan mengasuh anak-anaknya," kata Anies di Half Patiunus, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Januari 2024.

Anies mengatakan pekerjaan ini sejatinya mudah dilakukan oleh perusahaan dan kantor pemerintahan. Rencana pembangunan daycare dan ruang laktasi ini, kata Anies, bukan rencana begitu saja. Namun, sudah dilakukannya sejak menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Baca juga: Anies Baswedan dan Prabowo Bersalaman, Sinyal Koalisi?

"Kami membuat daycare di lokasi yang paling strategis di kementerian di gedung utama, dan dibuat dengan standar daycare terbaik level dunia. Kenapa dilakukan? Saya katakan kepada semua, ini kementerian pendidikan maka daycarenya harus daycare terbaik di Indonesia, supaya siapa pun yang membuat daycare tinggal datang ke kementerian untuk menyaksikan contoh daycare yang terbaik," ungkap capres yang diusung Koalisi Perubahan itu.

Namun, dia menyayangkan daycare itu telah digusur. Dia tidak mengetahui alasan penggusuran. Anies mempersilakan tanya kepada penggusur. Tapi, yang jelas Anies menekankan baginya pendidikan terpenting dan terutama adalah pendidikan usia dini.

Baca juga: Anies Janji Kembalikan Muruah KPK, Begini Strateginya

"Usia dini salah satunya adalah daycare di usia awal sebelum mereka masuk PAUD," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Anies bercerita juga pernah membangun daycare saat menjabat orang nomor 1 di Jakarta. Sebanyak 32 daycare dibangun di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kala itu, termasuk di Balai Kota. Anies menyebut lokasi daycare di Balai Kota strategis, yakni di gedung utama Balai Kota lantai dasar sebelah kiri.

"Itu ada daycare untuk karyawan perempuan yang punya bayi dan anak kecil dan ada ruang laktasi di dalam situ, saya nggak tahu masih ada atau tidak tapi teman-teman sekalian, kalau ini dikerjakan itu bukan hal baru gara-gara urusan Pilpres. Ini adalah melanjutkan yang kemarin sudah dikerjakan di tingkat nasional," ucapnya. (Medcom/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat