visitaaponce.com

Kepala BNPT Polisi harus Jaga Generasi Muda dari Virus Intoleran

Kepala BNPT: Polisi harus Jaga Generasi Muda dari Virus Intoleran
Kepala BNPT Mohammed Rycko Amelza Dahniel memberi arahan kepada jajaran Polda Sumut.(Istimewa)

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Mohammed Rycko Amelza Dahniel mengajak seluruh jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) untuk terus bersinergi menjaga generasi muda dari bahaya ideologi intoleran.

"Kalau mau menghancurkan negeri ini, hancurkan persatuannya, hancurkan toleransinya dan yang disasar itu generasi muda. Oleh karena itu, kita harus jaga generasi muda agar tidak tersusupi paham-paham kekerasan. Jangan abai dan lengah menjaga negeri," ujar Rycko dalam Kegiatan Kunjungan Kerja BNPT RI ke Polda Sumut, Selasa (23/1).

Dalam arahannya, ia juga menjelaskan bahwa bahan baku utama ideologi kekerasan adalah sikap intoleran. Jika generasi muda terpapar hal itu, tentu akan berdampak buruk pada keberlanjutan bangsa dan negara.

"Bahan baku utama ideologi kekerasan adalah intoleran, tidak dapat menerima perbedaan. Bisa dibayangkan kalau generasi muda kita diberikan pengaruh itu? Bagaimana bangsa ini ke depan? Padahal negeri ini dibangun dari perbedaan," tambahnya.

Baca juga: BNPT: Harus Ada Penyesuaian Kelembagaan untuk Perkuat Pencegahan dan Deradikalisasi

Mantan Kapolda Sumut 2016 itu juga memaparkan fenomena zero attack di 2023 yang tetap harus diwaspadai. Tidak adanya serangan teror bukan berarti celah-celah berkembangnya sel-sel jaringan terorisme betul-betul tertutup.

"Saya juga ingin menyampaikan satu temuan bahwa di 2023 tidak ada serangan terorisme secara terbuka. Keberhasilan ini tidak menutup terjadinya penguatan sel-sel jaringan terorisme di bawah permukaan. Sebagai contoh, berdasarkan penelitian BNPT, terjadi migrasi para remaja termasuk di kota Medan dari kelompok toleran migrasi ke intoleran pasif, kemudian menjadi intoleran aktif, hingga akhirnya terpapar" jelas Rycko.

Baca juga: Pakar Sebut BNPT telah Bendung Upaya Penyebaran Radikalisme dan Terorisme

Menanggapi arahan tersebut, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Agung Setya Imam Effendi memastikan untuk mencegah penyebaran paham yang merugikan bangsa itu. Ia juga baakl menggandeng unsur TNI.

"Terimakasih BNPT telah datang. Kami akan turut berkolaborasi dalam melakukan pencegahan dan tentu akan menggandeng TNI dalam prosesnya," ucap Agung. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat