visitaaponce.com

Jokowi Dinilai Gunakan Bansos untuk Menaikkan Kepuasan Masyarakat

Jokowi Dinilai Gunakan Bansos untuk Menaikkan Kepuasan Masyarakat
Ilustrasi bansos(Dok.MI)

PENGAMAT politik Ujang Komarudin menilai bantuan sosial (bansos) yang terus disalurkan pemerintah merupakan upaya untuk menaikkan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bansos menjadi elemen dasar yang terus dimanfaatkan di tengah isi cawe-cawe presiden dalam mendukung capres-cawapres.

"Saya sih mengatakan bansos itu menjadi salah satu elemen dasar, faktor penting bagi Jokowi untuk menaikkan kepuasan masyarakat. Itu sangat clear dan jelas," ujarnya kepada Media Indonesia, Rabu (24/1).

Ujang menerangkan bahwa saat ini banyak isu negatif terkait sikap presiden jelang Pilpres 14 Februari nanti. Keterlibatan Jokowi dalam mendukung salah satu paslon telah menurunkan angka kepuasan masyarakat terhadap pemerintahannya.

Baca juga: Muhammadiyah: Cawe-Cawe Presiden Refleksi dari Krisis Berkepanjangan

Hasil survei indikator mencatat angka kepuasan masyarakat terhadap presiden turun dari 80% lebih menjadi 75%. Meski demikian, kata Ujang, penurunan itu tidak begitu berdampak lantaran tidak signifikan.

"Ya kalau saya lihat tadi survei indikator tadi 80% lebih menjadi 75%. Ya saya sih melihat walaupun turun itu masih tinggi di angka 75%. Itu kecuali angka kepuasan di angka 50%," kata dia.

Baca juga: Mahfud MD: Bansos Itu dari Negara, bukan Kemurahan Seseorang

Dengan terus menyalurkan bansos, tentu saja pemerintah berharap angka kepuasan masyarakat tidak turun signifikan. Di sisi lain, langkah Jokowi yang mendukung salah satu paslon akan terus digencarkan lewat berbagai kebijakan. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat