visitaaponce.com

Ketua KPU Pastikan Debat Terakhir Tetap Dihadiri Penonton

Ketua KPU Pastikan Debat Terakhir Tetap Dihadiri Penonton
Momen debat cawapres(Dok.MI)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari menegaskan pihaknya tidak akan mengubah format debat Pilpres 2024 pamungkas yang bakal digelar Minggu (4/2) mendatang. Itu termasuk penonton yang tetap hadir dalam lokasi debat.

Menurut Hasyim, setiap tim pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) masih diizinkan membawa penonton.

"Format debat termasuk penyelenggaranya tetap, tetap ada tim pasangan calon yang jumlahnya 75 orang, jadi tetap," ujar Hasyim di Jakarta, Kamis (25/1).

Baca juga: Mahfud dan Muhaimin Tampil Apik di Debat Cawapres Kedua

Hal itu disampaikan Hasyim menanggapi catatan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang menilai gelaran debat Pilpres 2024 edisi keempat yang dikhususkan untuk cawapres tidak kondusif akibat sorakan penonton.

Menurut Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, kondisi tersebut menyebabkan kandidat yang berdebat tidak dapat konsentrasi.

Baca juga: Kecerdasan Emosional Gibran Rakabuming belum Mumpuni

"Supporter-nya yang terlalu noise, bahkan cenderung mengganggu," ujar Bagja.

Dengan kondisi seperti itu, Bawaslu mempertanyakan urgensi kehadiran penonton di ruang debat. Menurut Bagja, pihaknya menjadikan hal itu sebagai catatan penyelenggaraan debat berikutnya.

"Yang kita inginkan perdebatannya, bukan sahut menyahut supporter. Di (kampanye) rapat umum sajalah kalau begitu, bukan di debat," tandas Bagja. (Tri/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat