visitaaponce.com

Bawaslu Klaim Bisa Buktikan Kebenaran Penghitungan Suara di Pemilu 2024.

Bawaslu Klaim Bisa Buktikan Kebenaran Penghitungan Suara di Pemilu 2024.
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja(Antara)

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mengeklaim bisa membuktikan kebenaran penghitungan suara pada Pemilu 2024.

“Pengawasan teman-teman menghasilkan banyak hal, yang menolong calon anggota legislatif untuk kemudian mendapatkan kebenaran terhadap perhitungan suara,” ujar Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Minggu (28/1).

Untuk mendapatkan kebenaran terhadap perhitungan suara, Bagja memerintahkan jajaran pengawas pemilu untuk melakukan pengawasan logistik dan memberi sanksi kepada pihak terkait bila cetak surat suara dicetak berlebihan.

Baca juga: Nihil Unsur Pidana, Bawaslu Setop Laporan Anies Fitnah Prabowo Soal Lahan

“Pengawasan logisitik akan berhubungan dengan pelanggaran administrasi, etik dan tindak pidana. Jika ada kelebihan cetak satu surat suara saja, harus ada yang dipidana. Pengawasan menentukan kasus pidana,” ungkap Bagja.

Selain itu, dia juga memerintahkan jajarannya untuk melatih Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk bisa melakukan tindakan yang diperlukan saat penghitungan suara berlangsung

Baca juga: Koordinasi ke Kemensos, Bawaslu Telusuri Bansos Berstiker Prabowo-Gibran

Disamping itu, menjelang akhir dari masa kampanye dan tibanya masa ,tenang Bagja mengingatkan akan ada penertiban Alat Peraga Kampanye (APK).

“Pada 10 Februari semua kampanye selesai, 11 Februari masa tenang dan akan ada penertiban APK. Semua hal yang melanggar Peraturan KPU harus ditertibkan,” tandas Bagja. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat