visitaaponce.com

Banjir Bansos Jelang Pencoblosan, BRIN Jangan Diembel-embeli Politik

Banjir Bansos Jelang Pencoblosan, BRIN: Jangan Diembel-embeli Politik
Ilustrasi bansos(Dok.MI)

PENELITI senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Firman Noor, menegaskan bansos yang akan dibagikan jelang pemilu tak boleh dilabeli dengan kepentingan politik.

“Yang jadi problem adalah jika prosesinya nanti berbau kampanye dan mengarahkan. Itu yang sangat dikhawatirkan karena bisa menggiring opini publik,” tegas Firman kepada Media Indonesia, Senin (29/1).

“Sehingga dikhawatirkan yang memperhatikan warga hanya pihak tertentu,” tambahnya.

Baca juga: Perlu Aturan Khusus Pembagian Bansos saat Pemilu

Firman mengemukakan terlepas apakah itu bentuk kalap Jokowi atau tidak, yang terpenting tidak memanfaatkan momen bagi bansos untuk mendukung salah satu paslon. 

Menurut Firman, hal itu sangat tidak etis, karena tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. “Bansos itukan bukan dana yang digunakan untuk kampanye, itu harus kembali ke rakyat jangan diembeli-embeli politik. Itu harusnya dijaga. Mudah-mudahan demikian,” paparnya.

Baca juga: TPN Sebut Aksi Jokowi Bagi-bagi Bansos Berlebihan

Firman juga menyebut masyarakat patut khawatir karena ada potensi bansos diselewengkan untuk mendukung pilihan Jokowi. Firman menegaskan jika itu terjadi hal itu sangat tidak etik.

“Mungkin kalau memang sudah hak masyarakat menerima tak apa-apa, tetapi masyarakat harus paham bahwa itu uang negara untuk mereka. Dan itu tak ada kaitan sama sekali dengan mereka yang sedang berkontestasi di dalam pilpres,” tandasnya. (Ykb/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat