visitaaponce.com

KPU tak Soalkan Panelis Debat yang Ikut Kritik Jokowi

KPU tak Soalkan Panelis Debat yang Ikut Kritik Jokowi
Ketua Komisi Pemilihan umum (KPU) Hasyim Asy'ari (kanan).(Dok. MI/Moh Irfan)

SATU dari 12 panelis debat Pilpres 2024 edisi terakhir, yakni Prof Pascalis Maria (PM) Laksono, ikut menyuarakan Petisi Bulaksumur bersama sivitas Universitas Gadjah Mada (UGM) lainnya yang mengkritik pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang hari pemungutan suara. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai penyelenggara debat tak menyoalkan itu.

Menurut Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari, setiap orang memiliki kebebasan sebagai warga negara untuk menyatakan pendapat. Ia yakin, panelis yang ditunjuk menyusun pertanyaan debat merupakan orang-orang yang sudah dewasa secara politik dan mampu menempatkan diri untuk menyatakan pendapat.

"Saya meyakini beliau-beliau menjadi panelis ini orang-orang yang dewasa secara politik dan kemudian biasa bersikap proporsional untuk menempatkan kapan pernyataan-pernyataan itu tepat digunakan atau tidak, baik secara waktu atau tempat," ujar Hasyim, dikutip Sabtu (3/2).

Baca juga : Profil Wawan Mas'udi, Panelis Debat Capres 2024 Pernah Buat Disertasi soal Jokowi

Prof PM Laksono merupakan Guru Besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya UGM yang bakal menyusun pertanyaan debat terakhir dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi bersama 11 pakar lainnya.

Menurut Hasyim, salah satu panelis debat sebelumnya, yakni Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia Prof Sulistiyowati Irianto juga ikut menyuarakan deklarasi kebangsaan bersama sivitas UI lainnya pada Jumat (2/2).

Ia menjelaskan, terdapat 18 pertanyaan yang disusun para panelis dalam satu edisi debat. Para kandidat yang berdebat tidak dapat mengetahui siapa yang membuat pertanyaan itu, sebab pengambilannya dilakukan secara acak. Apalagi, tidak semua pertanyaan akan diambil.

Baca juga : Tok! KPU Perpanjang Waktu Closing Statement Debat Capres Pamungkas

"18 pertanyaan akan digunakan hanya untuk dua segmen, segmen pertama dan kedua. Itu bisa tidak semua pertanyaan muncul, karena munculnya dibuat secara acak, dan saya rasa tidak berpangruh pada kualitas panelis dan debat," tandasnya.

Debat pamungkas bakal digelar di Jakarta Convention Center pada Minggu (4/2). Para kandidat yang berdebat adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Berbeda dari empat debat edisi sebelumnya, durasi closing statement untuk debat terakhir ini diperpanjang mejadi 4 menit.

Baca juga : Debat Pilpres Pamungkas Digelar di JCC, Berikut Nama Panelis dan Moderator

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat