visitaaponce.com

Kawal Pilpres 2024, Ini Daftar Website Laporan Kecurangan Pemilu

Kawal Pilpres 2024, Ini Daftar Website Laporan Kecurangan Pemilu
Relawan berperan aktif untuk mengawal proses Pemilu agar berjalan #jujuradil.(Jagapemilu.com)

SELURUH masyarakat Indonesia diimbau untuk aktif dan berpartipasi untuk melaporkan segala bentuk potensi kecurangan di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

Kecurangan pemilu juga diprediksi akan banyak terjadi di hari pencoblosan yang jatuh pada tanggal 14 Februari 2024. 

Untuk melaporkan kecurangan, ada beberapa situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengawal pemilu kali ini. Tak hanya kecurangan, masyarakat juga diminta melaporkan segala hal yang berbau kejanggalan.

Baca juga : Ini Alasan Film Dirty Vote Dirilis di Masa Tenang Pemilu

Berikut ini daftar website pelaporan kecurangan Pemilu 2024:

1. Kawalpemilu.org

Masyarakat bisa mengawal proses Pemilu 2024 lewat website kawalpemilu.org. Sehingga masyarakat dapat membantu proses pengawalan perhitungan suara di setiap TPS agar dapat berlangsung jujur dan adil.

Co Founder Kawal Pemilu, Elina Ciptadi mengatakan, sangat mudah bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi mengawal Pemilu. Sebab sistem dibuat dengan tampilan yang sederhana.

2. Jagapemilu.com

Jagapemilu merupakan situs yang dibuat untuk mengawal proses demokrasi yang jujur, adil, dan transparan. Untuk membuat laporan di situs ini, masyarakat harus lebih dulu mendaftar dengan menggunakan alamat email.

Baca juga : 1 Juta Penonton dalam 8 Jam, 'Dirty Vote' Telanjangi Kecurangan Pilpres 2024

Dari laman resminya disebutkan bahwa Jaga Pemilu adalah gerakan sukarela masyarakat untuk mengawal proses demokrasi yang jujur, adil, dan transparan.

Metode pelaporan kecurangan juga tidak jauh berbeda, cukup dengan mengirimkan unggahan foto dan data dugaan pelanggaran. Situs ini juga memiliki menu untuk mengecek semua pelanggaran di setiap daerah.

3. Wargajagasuara.com

Selain berbentuk website wargajagasuara.com, platform ini juga dibuat dalam bentuk aplikasi. Untuk menggunakannya, masyarakat harus mendaftar dan mengisi data berupa nama hingga nomor kontak.

Baca juga : Istana Disebut Sedang tidak Tenang Jelang Pencoblosan

Di situs ini, tersedia fitur laporan suara dan laporan pelanggaran. Ada juga fitur mengunggah foto C1 Plano PPWP.

4. Kecuranganpemilu.com

Website www.kecuranganpemilu.com dibuat oleh Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari Yayasan Dewi Keadilan Indonesia, Firma Hukum Themis Indonesia, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Indonesian Corruption Watch (ICW), Drone Emprit, serta Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

Lewat website ini, kamu bisa memantau pelaporan kecurangan dalam bentuk peta tiap provinsi. Bahkan, Koalisi Masyarakat Sipil juga mencantumkan penelitian terkait Peta Titik Rawan Kecurangan Pemilu. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat