visitaaponce.com

PKS Wait and See Keputusan Majelis Syuro Soal Oposisi

PKS ‘Wait and See’ Keputusan Majelis Syuro Soal Oposisi
Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi.( Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez )

PARTAI  Keadilan Sejahtera (PKS) enggan terburu-buru menyatakan sikap menjadi oposisi. Sikap PKS bergantung pada keputusan Majelis Syuro.

"Kita oposisi enggak oposisi juga diputuskannya nanti saat angkanya jelas dan majelis syuro deh putuskan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi di NasDem Tower, Jakarta, Kamis malam, 22 Februari 2024.

Aboe menegaskan bahwa PKS manut pada keputusan Majelis Syuro yang dipimpin Salim Segaf Al Jufri. Sehingga, sikap politik PKS secara keseluruhan tak salah langkah.

Baca juga : Pengamat Sebut Pendirian Surya Paloh untuk Oposisi Pemerintah Cukup Kuat

"PKS tuh paling simpel, semua keputusan lewat majelis syuro, nggak bisa ucuk-ucuk besok oposisi," ucap Aboe.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan PDIP siap di barisan oposisi. Menurut dia, hal ini penting untuk memastikan adanya keseimbangan ketika muncul kewenangan negara.

"Berkaca pada periode kedua pemerintahan Jokowi, kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi, sehingga kekuasaan dan kritik dalam konteks kebijakan dan implementasinya dibutuhkan check and balance," kata Hasto dalam keterangannya.

Ia menyebut posisi berada di luar pemerintahan sudah pernah dijalankan PDI Perjuangan. Hal ini pasca pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

"Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” ucap Hasto. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat